Jepara Siap Pecahkan MURI, Sajikan 9.200 Pindang Serani di Pantai Bandengan

Diklaim bisa penuhi gizi di Jepara

Jepara, IDN Times - Kabupaten Jepara dalam waktu dekat akan menggelar pemecahan rekor MURI. Tepatnya tanggal 25 Januari 2024, Pemkab Jepara bersama para camat, petinggi desa dan kepala dinas akan menggelar acara makan bersama dengan menu pindang serani. 

Baca Juga: Resep Pindang Serani Gurame, Lauk Segar dengan Bahan Dapur Sederhana

1. Ribuan pindang serani akan disajikan di Pantai Bandengan

Jepara Siap Pecahkan MURI, Sajikan 9.200 Pindang Serani di Pantai Bandengangoogle picture

Kepala Dinas Perikanan Jepara, Farikhah Elida, mengaku jumlah masakan pindang serani yang dihidangkan saat acara MURI sebanyak 9.200 porsi. 

Proses pemecahan rekor MURI dijadwalkan diadakan di Pantai Bandengan. Para peserta yang mengikuti acara itu dari unsur masyarakat umum, perangkat daerah, camat, dan petinggi desa.

"Dan bekerjasama dengan chef di Kabupaten Jepara. Alhamdulillah segala persiapan sudah kami laksanakan bersama perangkat daerah. Semoga berhasil untuk pemecahan rekor MURI kali ini," katanya, Selasa (16/1/2024).

2. Diklaim bisa bantu program stunting

Jepara Siap Pecahkan MURI, Sajikan 9.200 Pindang Serani di Pantai BandenganAsupan makanan pencegah stunting. (IDN Times/Aditya Pratama).

Menurut Asisten II Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara, Hery Yulianto, pihaknya sudah menggelar rakor lintas sektoral untuk memeriahkan acara pemecahan rekor MURI tersebut. 

Ia berkata rekor MURI dengan menyediakan 9.200 porsi pindang serani dimaksudkan untuk mengurangi stunting di Jepara. Selain itu juga bertujuan untuk mengadakan kampanye gemar makan ikan (Gemarikan). 

"Gemarikan atau konsumsi ikan menjadi salah satu upaya pemenuhan gizi untuk menekan angka stunting," akunya.

3. Pindang serani sejak lama jadi ciri khas Jepara

Jepara Siap Pecahkan MURI, Sajikan 9.200 Pindang Serani di Pantai Bandenganpotret Benteng Portugis Jepara dari kejauhan (instagram.com/jeparahariini)

Hery menjelaskan, pindang serani dipilih oleh Pemkab Jepara karena merupakan salah satu makanan khas yang sudah dikenal luas. Biasanya pindang serani juga disajikan untuk tamu-tamu pejabat yang hadir dari luar daerah ke Jepara. 

Lebih jauh, mengenai tampilan, pindang serani sekilas semacam sup ikan laut. Namun untuk rasa ada ciri khas antara perpaduan pedas, asam manis yang cocok disajikan di siang hari.

Baca Juga: Ratu Kalinyamat Pahlawan Nasional, Pj Bupati Jepara: Ia Menginspirasi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya