Lining Dermaga Tanjung Emas Ditinggikan untuk Halau Rob saat Arus Mudik

Pelindo pasang fasilitas pemeriksaan portabel

Semarang, IDN Times - Jumlah pemudik kapal yang turun dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang saat libur Idulfitri 1445 Hijriyah nanti diperkirakan melesat naik hingga 10-20 persen.

Pelindo Multi Terminal Branch Tanjung Emas menyatakan peningkatan kedatangan pemudik juga dibarengi dengan kesiapan fasilitas sarana dan prasarana pendukung agar limpasan air pasang atau rob tidak meluber di area terminal penumpang. 

Baca Juga: Pelni Semarang Operasikan 6 Kapal Angkut Pemudik Lebaran 2024

1. Lining terminal penumpang ditinggikan 3,2 mlws

Lining Dermaga Tanjung Emas Ditinggikan untuk Halau Rob saat Arus MudikSejumlah penumpang kapal turun dari dermaga penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Branch Manager Pelindo Multi Terminal Branch Tanjung Emas, Hardianto menuturkan saat ini telah dikerjakan proses peninggian lining di kawasan dermaga terminal penumpang kapal agar nantinya aman dari rob. 


"Untuk menjamin kelancaran angkutan Lebaran, kami bersinergi dengan seluruh stakeholder maritim di Pelabuhan Tanjung Emas melakukan peninggian lining di area terminal penumpang menjadi 3,2 mlws agar aman menghadapi pasang surut air laut atau rob," tutur Hardianto, Kamis (28/3/2024). 

2. Pelindo jamin toilet Pelabuhan Tanjung Emas bersih

Lining Dermaga Tanjung Emas Ditinggikan untuk Halau Rob saat Arus MudikFasilitas skrening penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Fasilitas lainnya yang disiapkan, katanya berupa kebersihan lokasi toilet, penyediaan tempat ibadah, penyediaan tempat bermain anak dan berbagai fasilitas penunjang lainnya. 


Untuk ruangan pemeriksaan tas penumpang kapal, pihaknya juga memasang 3 gate automation yang dapat dilalui penumpang bertiket dan membawa boarding pass. 


Sementara buat mengantisipasi efek cuaca panas dan hujan, pihaknya menyiapkan sekitar 13 kanopi portable yang dipasang dari pintu keluar terminal penumpang menuju ke kapal. 

3. Para pemudik kapal akan disambut hangat

Lining Dermaga Tanjung Emas Ditinggikan untuk Halau Rob saat Arus MudikPELNI sediakan 19 kapal untuk mudik gratis Angkutan Lebaran 2024 (dok. PELNI)

Hardianto berkata bila tahun lalu ada total pemudik kapal di pelabuhannya sebanyak 66 ribu orang. Maka ada kemungkinan jumlah di tahun ini akan bertambah kurang lebihnya 10-20 persen. 


Hardianto menyampaikan manajemen Pelindo nantinya menyambut hangat para pemudik yang tiba di Pelabuhan Tanjung Emas. 


“Dalam pelayanan arus mudik tahun 2024 ini, kami berharap terdapat peningkatan jumlah penumpang dan peningkatan kualitas di terminal penumpang Tanjung Emas demi kenyamanan penumpang. Semoga kita yang menjalani mudik dapat sampai tujuan dengan aman dan selamat serta tidak ada halangan apapun,” bebernya. 


Dari data Pelindo Tanjung Emas, terminal penumpang memiliki luas 20.900 meter persegi dengan daya tampung mencapai 1.900 orang. 

4. KSOP siagakan 88 petugas

Lining Dermaga Tanjung Emas Ditinggikan untuk Halau Rob saat Arus MudikIlustrasi pelabuhan (https://setkab.go.id/)

Kepala KSOP Semarang, Herwanto telah menggelar apel kesiagaan pembukaan posko penyelenggaraan angkutan laut Lebaran 2024 Pelabuhan Tanjung Emas. 


Posko terminal penumpang sebagai posko lapangan terletak di Pelabuhan Tanjung Emas dengan jumlah personel 88 petugas dari berbagai unsur maritim 


“Dengan komitmen, kolaborasi, koordinasi dan integritas, marilah kita bersama-sama berupaya agar penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024/1445 Hijriyah dapat berjalan dengan baik dan sukses,” kata Herwanto. 

Baca Juga: Polda Jateng Tangkap 3.579 Pelaku Kriminal, 11 Senpi Disita

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya