Mudik Lebaran, Penumpang Pesawat di Semarang Melonjak 13 Persen

Bandara Ahmad Yani maksimalkan layanan saat cuaca buruk

Intinya Sih...

  • Bandara Ahmad Yani Semarang melayani 126.845 penumpang, 1.023 pergerakan pesawat, dan 583.756 kilogram kargo udara selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.
  • Penumpang pesawat didominasi dari Jakarta, Banjarmasin, dan Balikpapan dengan peningkatan 13% dari tahun sebelumnya.
  • Jadwal penerbangan yang terlayani saat mudik Lebaran meningkat 5%, sementara kegiatan kargo udara juga meningkat 20% dari kondisi normal.

Semarang, IDN Times -Jumlah penumpang pesawat terbang yang mendarat maupun berangkat dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang meningkat 13 persen selama momentum arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. Hal tersebut diketahui dari data Posko Lebaran yang dibuka pihak Bandara dari tanggal 3 April--18 April 2024.

Baca Juga: Para Pilot di Semarang Diminta Waspadai Belasan Balon Udara Liar

1. Ada lonjakan penumpang 13 persen

Mudik Lebaran, Penumpang Pesawat di Semarang Melonjak 13 PersenPetugas Bandara Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwadidada menyampaikan selama momen tersebut, bandaranya telah melayani 126.845 penumpang, 1.023 pergerakan pesawat, dan 583.756 kilogram kargo udara. 

"Selama 16 hari posko dibuka itu ada peningkatan sebesar 13 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar 113 ribu penumpang," ujar Fajar usai menutup posko Lebaran di pintu masuk kedatangan penumpang Bandara Ahmad Yani, Jumat (19/4/2024).

2. Mayoritas penumpang pesawat dari arah Jakarta

Mudik Lebaran, Penumpang Pesawat di Semarang Melonjak 13 PersenGeneral Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwadidada. (IDN Times/Dok Humas Bandara Ahmad Yani Semarang)

Para penumpang pesawat, katanya didominasi dari Jakarta lalu sisanya Banjarmasin dan Balikpapan. 

"Penumpang yang datang dari arah Cengkareng dan Halim itu signifikan sekali, kemudian yang luar itu dari Banjarmasin dan Balikpapan," akunya. 

3. Kargo udara di Bandara Ahmad Yani juga bertambah

Mudik Lebaran, Penumpang Pesawat di Semarang Melonjak 13 PersenSejumlah calon penumpang pesawat saat menuju pintu keberangkatan di Bandara Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Tak cuma itu saja, untuk jadwal penerbangan yang terlayani saat mudik Lebaran ada sebanyak 1.023. Atau bertambah 5 persen dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar 971 penerbangan. 

Kegiatan kargo udara di Bandara Ahmad Yani juga meningkat 20 persen atau sebanyak 583 ton ketimbang kondisi normal hanya kisaran 485 ton. 

4. Beberapa maskapai delay akibat faktor cuaca

Mudik Lebaran, Penumpang Pesawat di Semarang Melonjak 13 PersenCalon penumpang pesawat terbang menunggu jam keberangkatan maskapai di Bandara Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Pihaknya turut mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh stakeholder yang terlibat. Khususnya telah mengedepankan sinergitas, kolaborasi dan kerjasama yang baik sehingga posko terpadu angkutan udara lebaran tahun 2024 dapat dilaksanakan lancar, aman, tertib, dan terkendali. 

“Ke depannya, kami selalu optimis akan terus mengalami peningkatan di berbagai aspek dan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa, pada tahun-tahun yang akan datang," sambungnya. 

Adapun selama mudik Lebaran kemarin, pihaknya mengaku ada beberapa maskapai yang delay akibat faktor cuaca. Namun pihaknya berusaha menanggulangi dengan menambah jam operasional sesuai permintaan masing-masing maskapai penerbangan. 

"Jadi ada beberapa yang divert juga dan itu sudah kita antisipasi dengan kita melakukan pelayanan penambahan operating hours sesuai kebutuhan dari airline. Sehingga tidak ada penumpang yang misalnya divert ke Cengkareng itu harus menunggu sampai besok, hari itu juga tuntas kita layani sehingga tidak ada kendala ataupun pengaruh operasional di hari berikutnya," kata Fajar. 

Baca Juga: Satu ASN Pemprov Jateng Tidak Masuk Kerja Gegara Mudik Luar Jawa

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya