Nyaris Ketabrak Mobil, Seekor Trenggiling Dievakuasi Damkar Semarang

Damkar selamatkan nyawa trenggiling

Semarang, IDN Times - Seekor trenggiling berhasil dievakuasi petugas Damkar Kota Semarang di Jalan Raya Ampelgading, Kelurahan Ngijo, Gunungpati Semarang. 

Trenggiling dengan panjang hampir satu meter tersebut semula mengejutkan warga yang sedang nongkrong di pinggir Jalan Raya Ampelgading, pada Kamis (5/9/2024) tengah malam.

Saat itu, warga sekelebat melihat ada benda menyerupai bulatan yang bergerak-gerak menuju ke tengah jalan raya. Setelah didekati rupanya ada seorang warga yang memastikan bahwa benda tersebut adalah seekor trenggiling.

Baca Juga: 5 Fakta Mencengangkan Trenggiling, Mamalia Paling Sering Diburu

1. Dilaporkan Damkar dini hari

Nyaris Ketabrak Mobil, Seekor Trenggiling Dievakuasi Damkar Semarangtrenggiling (commons.wikimedia.org/ Frendi Apen Irawan)

Imam Santoso, Komandan Rescue 4 Damkar Kota Semarang berkata warga Ampelgading lalu berusaha menghubungi Damkar untuk meminta bantuan mengevakuasi trenggiling. 

"Informasi pelapor, ada trenggiling berkeliaran di depan jalan raya dan hampir tertabrak mobil. Sehingga pelapor dan rekan-rekannya berinisiatif untuk mengevakuasi dan melaporkan ke pemadam. Pukul 23. 50 tim rescue diberangkatkan ke lokasi di Jalan Ampel Gading Raya, Ngijo, Kecamatan Gunungpati," kata Imam kepada IDN Times, Jumat (6/9/2024). 

2. Warga paham trenggiling satwa dilindungi

Nyaris Ketabrak Mobil, Seekor Trenggiling Dievakuasi Damkar SemarangTrenggiling (inaturalist.org/flint_jack)

Identitas pelapor bernama Erry Kusuma, seorang warga setempat. Saat dikonfirmasi, Erry mengaku pertama kali melihat trenggiling tersebut jam 23.30 WIB malam. 

Karena mengetahui jika hewan tersebut dilindungi negara, maka dirinya memutuskan memasukan trenggiling ke dalam kandang untuk kemudian diserahkan kepada Damkar. 

"Itu kejadiannya kita gak sengaja lihat trenggiling di pinggir jalan. Dan saya kan tahu kalau trenggiling termasuk langka dan dilindungi, jadinya setelah kejadian langsung saya telepon pemadam kebakaran biar dievakuasi ke tempat yang aman," kata Erry. 

3. Diserahkan BKSDA

Nyaris Ketabrak Mobil, Seekor Trenggiling Dievakuasi Damkar SemarangDamkar Kota Semarang serahkan trenggiling ke BKSDA Jateng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Usai dievakuasi, anggota Rescue 4 Damkar, Bayu Kusuma juga menyampaikan hari ini kisaran jam 10.00 WIB trenggiling tersebut diserahkan ke BKSDA Jateng untuk dititip rawatkan. BKSDA yang nantinya yang berwenang apakah trenggiling itu dilepasliarkan ke habitatnya atau dibawa ke kebun binatang. 

"Sekarang sudah diserahkan ke BKSDA," tutupnya. 

Baca Juga: Viral Orangutan Setinggi Rumah, Ini Penjelasan BKSDA Kaltim  

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya