Partai Ummat Dapat Coattail Effect AMIN, Yakin Dapat 3 Juta Suara di Jateng

Partai Ummat optimis lolos parlemen berkat AMIN

Semarang, IDN Times - Dalam kontestasi Pemilu 2024, Partai Ummat mengaku mendapat keuntungan berlebih setelah berkoalisi dengan pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). Seperti diketahui, Partai Ummat tergabung dengan NasDem, PKS dan PKB dalam koalisi perubahan yang mengusung AMIN. 

Bahkan, partai besutan Amien Rais tersebut menekankan pentingnya meraih suara di basis massa pendukung AMIN yang sebarannya ada di sejumlah wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: Cak Imin Panaskan Mesin Partai, Kejar Ketertinggalan Suara AMIN di Jateng

1. Partai Ummat dapat coattail effect dari kampanye Anies Baswedan

Partai Ummat Dapat Coattail Effect AMIN, Yakin Dapat 3 Juta Suara di JatengWakil Presiden ke-10 dan 12, Jusuf Kalla makan malam bersama Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan di Rumah Makan Seafood Tumbak Kayubangkoa, Makassar, Selasa (16/1/2024). Dok. IDN Times/Istimewa

Ketua DPW Partai Ummat Jawa Tengah, Husein Alamsyah mengungkapkan pergerakan AMIN yang secara masif hadir di tengah masyarakat benar-benar telah berdampak pada partai koalisinya. 

"Partai kami telah mendapatkan coattail effect dari kampanye AMIN yang sangat masif di Jateng. Khususnya dengan hadirnya Pak Anies di beberapa daerah dengan memperkenalkan parpol koalisinya membuat kita dapat coattail effect yang luar biasa besarnya. Tentunya ini juga diiringi dengan gerakan massa Partai Ummat yang ada di lumbung suara AMIN," kata Husein kepada IDN Times, Rabu (17/1/2024). 

2. Diuntungkan dari naiknya elektabilitas AMIN

Partai Ummat Dapat Coattail Effect AMIN, Yakin Dapat 3 Juta Suara di JatengKehadiran Cawapres Muhaimin Iskandar di acara Deklarasi Dukungan AMIN di Lampung Timur, Seninn (8/1/2024). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Husein berkata keberadaan AMIN yang secara elektabilitas telah merangsek ke posisi kedua juga memberikan angin segar bagi partainya. Ini, katanya menjadi bukti bahwa segala perubahan harus dihadirkan di tengah masyarakat dengan menawarkan sejumlah visi misi yang jelas. 

Menurutnya, partainya saat ini optimistis mampu berkontribusi secara nasional agar dapat lolos batas ambang parlemen (parliamentary threshold) sebesar 4 persen. 

3. Optimis dapat kursi DPR di Kedu Raya, Pemalang dan Pantura timur

Partai Ummat Dapat Coattail Effect AMIN, Yakin Dapat 3 Juta Suara di JatengDPR RI menggelar rapat paripurna pembukaan masa persidangan III tahun sidang 2023-2024 setelah Anggota Dewan menjalani masa reses selama satu bulan lebih (IDN Times/Amir Faisol)

Lebih lanjut, di Jawa Tengah partainya membidik perolehan suara 3 juta. Atau jika dikalkulasikan mampu menyumbangkan 10-11 persen suara secara nasional dengan menyasar kantong-kantong massa partai di Pantura bagian timur, Kedu Raya dan sebagian Pantura bagian barat. 

"Yang sangat kami yakini dapat suara DPR RI itu di wilayah Kedu Raya. Seperti Magelang, Wonosobo, Kebumen pasti kami dapat suara sesuai target. Kemudian di wilayah timur seperti Kudus juga kami yakin dapat satu kursi untuk DPR RI. Di Pemalang juga secara kasat mata kami optimistis mampu memenuhi target perolehan kursi DPR RI. Untuk DPRD provinsi target dari kami 12 dari 13 kursi bisa terisi. Sehingga kami akan memacu agar bagaimana target 3 juta suara atau 10-11 persen bisa tercapai," ungkap Husein. 

4. Sering menyapa masyarakat di tiap dapil

Partai Ummat Dapat Coattail Effect AMIN, Yakin Dapat 3 Juta Suara di JatengKetua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Ia juga berkata adanya coattail effect dari AMIN juga akan dimanfaatkan optimalkan guna mendulang suara di basis utama pendukung Anies maupun Cak Imin. 

Untuk saat ini, partainya terus-menerus turun ke lapisan grassroot guna memantapkan dukungan suara bagi AMIN sekaligus menyosialisasikan tahapan pencoblosan dengan mengedukasi pemilih untuk mencoblos Partai Ummat di nomor urut 24.

Terdapat juga 530 caleg partainya yang merangkul sejumlah ormas untuk memaksimalkan perolehan suaranya. Seperti dirinya juga kerap turun ke dapil di Kota Solo dan sekitarnya. 

"Kami berharap dengan adanya dukungan yang kongkrit, maksimal maka kami bisa menang berjamaah. Itulah target kami supaya lolos parlemen," tutur Husein. 

Baca Juga: 18 Parpol di Jateng Laporkan Dana Kampanye, Ini Daftar Lengkapnya

Topik:

Berita Terkini Lainnya