PDIP Ajak 30 Pelari Bawa Api Abadi Mrapen ke Rakernas Ancol

PDIP akan bangkitkan semangat para kadernya

Semarang, IDN Times - Tak kurang 30 pelari nasional dan lokal dilibatkan untuk membawa obor api abadi Mrapen ke lokasi Rakernas V PDIP di Beach City International Ancol, Jakarta. Seperti diketahui, DPP PDIP dijadwalkan mengadakan Rakernas V mulai 24-26 Mei guna membahas arah politik pasca Pilpres 2024.

 

 

Baca Juga: Api Abadi Mrapen Bakal Dinyalakan saat Rakernas PDIP 2024 di Jakarta

1. Para pelari gantian bawa obor api abadi Mrapen

PDIP Ajak 30 Pelari Bawa Api Abadi Mrapen ke Rakernas Ancolilustrasi pelari menggunakan sepatu carbon plate (Unsplash.com?/Miguel A Amutio)

Bendahara PDIP Jateng, Agustina Wilujeng mengatakan dari total 30 pelari tersebut, paling banyak berasal dari Kota Semarang. 


"Yang disiapkan DPP ada 30 orang melakukan lari estafet di seluruh rangakian itu. 30 orang mereka bergantian. Masing-masing kabupaten diserahkan ke mereka semampunya. Yang rekor paling banyak dari Semarang," tutur Agustin usai pelepasan estafet obor api abadi Mrapen di Panti Marhen DPD PDIP Jateng, Jalan Brigjen Sudharto, Semarang, Sabtu (18/5/2024). 

2. Pelari profesional juga ikut bergabung

PDIP Ajak 30 Pelari Bawa Api Abadi Mrapen ke Rakernas AncolPixabay

Ia menyebut puluhan pelari secara bergantian membawa obor api abadi Mrapen dari titik awal di Gubug Kabupaten Grobogan tanggal 17 Mei kemarin. Hingga finish di lokasi Rakernas PDIP kawasan Ancol pada 22 Mei 2024.


Menariknya, yang membawa obor api abadi Mrapen ke lokasi Rakernas juga melibatkan beberapa pelari profesional. 


Kemudian di sejumlah wilayah juga diikuti para pelari lokal yang sudah disiapkan tiap pengurus kabupaten/kota.


"Yang membawa dari beberapa pelari profesional yang kita rekrut. Terus diikuti pelari lokal masing-masing kabupaten," jelasnya. 

3. Lewati 11 kabupaten dan tiga propinsi

PDIP Ajak 30 Pelari Bawa Api Abadi Mrapen ke Rakernas AncolIlustrasi obor. Santri Pesantren Al Abrary menggelar pawai obor menyambut Hari Raya Idul Fitri di Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Selasa (9/4/2024) malam. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Ia menguraikan jika diruntut dari rute estafetnya, para pelari membawa obor api abadi Mrapen melewati 11 kabupaten dan tiga provinsi yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI Jakarta. 


Setiap kali mampir ke kabupaten/kota, obor api abadi Mrapen ditaruh di masing-masing kantor DPC PDIP untuk selanjutnya rombongan menginap. 


"Tiap-tiap menginap diletakan di kantor kantor partai. Nanti di Jateng ada 11 kabupaten yang dilewati. Pertama di Panti Marhen ini. Setelah ini kita melepaskan perjalanan ke Kabupaten Kendal. Terus ada tiga propinsi yang dilewati. Ada Jawa Tengah, Jabar dan DKI," ungkap Agustin.

4. PDIP kepengin gelorakan semangat kadernya

PDIP Ajak 30 Pelari Bawa Api Abadi Mrapen ke Rakernas AncolPelepasan estafet obor api abadi Mrapen di PDIP Jateng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Keputusan membawa obor api abadi Mrapen berasal dari inisiatif DPP PDIP untuk menggelorakan semangat semua kader PDIP yang mengikuti pelaksanaan Rakernas V di Ancol. 


Ia berharap dengan mengambil api abadi dari Mrapen setidaknya dapat menjadikan para kader PDIP tetap bersemangat untuk kepentingan partai. 


"Karena Rakernas DPP mengambil tema api perjuangan yang tak pernah padam. Apinya diambil dari Mrapen. Kemarin prosesi pengambilan api sudah dilakukan. Ya karena diambil dari api Mrapen, simbol dari api tidak pernah padam. Kita kepengin membakar semangat kader PDIP supaya tidak pernah padam untuk kepentingan partai," tukasnya. 

Baca Juga: PDIP Gelar Rakernas 24-26 Mei di Ancol, Putuskan Sikap Partai

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya