Pemudik Diberi Waktu Istirahat 30 Menit di Tol Solo-Ngawi, Tidur Cukup 10 Menit

Jasa Marga anggap Tol Solo-Ngawi aman dilewati

Para pemudik yang melintasi ruas Tol Solo-Ngawi diberikan waktu istirahat di rest area maksimal 30 menit saat momen arus mudik Lebaran 2024. PT Jasa Marga mengakui bila Tol Solo-Ngawi merupakan titik lelah bagi pemudik sehingga sopir mobil yang kecapekan disarankan segera berhenti di lokasi rest area. 

"Ruas Solo-Ngawi memang jadi titik lelah. Orang kalau dari Jakarta sampai ke Semarang itu sudah dua jam. Terus kalau ditambah ruas Solo-Ngawi yang panjangnya 90 kilometer, saya kira untuk di KM 550 itu sudah titik lelah yang benar-benar butuh istirahat," kata Direktur Teknik Operasional Jasa Marga Solo-Ngawi, Tori Ayanda kepada IDN Times, Rabu (16/3/2024). 

Baca Juga: Daftar Tarif Tol Trans Jawa 2024, Cek Sebelum Mudik ke Jateng

1. Pemudik diberi waktu istirahat 30 menit

Pemudik Diberi Waktu Istirahat 30 Menit di Tol Solo-Ngawi, Tidur Cukup 10 MenitDirektur Teknik Operasional Jasa Marga Solo-Ngawi, Tori Ayanda. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ia menyampaikan waktu istirahat yang diberikan di rest area sebenarnya sudah lebih dari cukup. 

Karena dalam waktu 30 menit tersebut, katanya setiap pemudik terutama para sopir bisa meluangkan waktu tidur sejenak sekitar 10-15 menit. 

"Kita berikan waktu 30 menit di rest area maksimum. Tetapi saya kira kalau mengantuk itu sudah cukup. Pengalaman saya 10-15 menit tidur itu sudah pulih," ungkapnya. 

2. Disarankan pindah rest area jika penuh

Pemudik Diberi Waktu Istirahat 30 Menit di Tol Solo-Ngawi, Tidur Cukup 10 Menitilustrasi aplikasi maps (pexels.com/Pixabay)

Meski demikian, selama arus mudik maupun arus balik nanti pihaknya mewanti-wanti kepada para pengguna kendaraan pribadi jika kelelahan saat melintasi Tol Solo-Ngawi, ada baiknya langsung mencari lokasi rest area. 

Jika rest area yang ditujukan sudah penuh, sopir disarankan mengambil tindakan dengan mencari rest area terdekat lainnya. 

"Kalau mengalami kelelahan, mengantuk segera cari tempat istirahat secepatnya. Kalau libur biasanya rest area penuh sekali dan di rest area sudah diberi pemberitahuan kalah penuh diimbau gunakan rest area selanjutnya," paparnya. 

3. Jasa Marga gencarkan kampanye keselamatan di Tol Solo-Ngawi

Pemudik Diberi Waktu Istirahat 30 Menit di Tol Solo-Ngawi, Tidur Cukup 10 MenitJalan Tol Jombang-Mojokerto. (dok. Astra Infra)

Lebih jauh lagi, untuk potensi titik rawan kecelakaan di ruas Tol Solo-Ngawi pihaknya belum mengidentifikasi. Sebab, dari tindakan pemantauan secara geometrik, pihaknya telah memenuhi standar persyaratan teknis pembangunan ruas jalan tol

"Yang rawan laka di Solo-Ngawi kita tidak mengidentifikasi data terakhir mana aja yang black spot. Karena secara geometrik kita sudah lakukan tinjauan terhadap persyaratan teknis itu semua sudah sesuai standar yang disyaratkan. Jadi tidak ada masalah kaitan dengan kecelakaan. Kalau dari data tahun lalu 2022 itu sangat baik. Di tahun 2023 ada tren tambahan (kasus kecelakaan). Kemudian tahun ini kami berusaha mengintensifkan kampanye keselamatan berkendara di rest area. Jadi berkendara kalau sudah lelah lebih baik istirahat. Microslip itu yang sangat berbahaya," akunya. 

Baca Juga: Jalur Pantura Jateng Terputus! Ini Peta Pengalihan Arus Semarang-Pati

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya