Perbaikan Jalur Mudik yang Rusak Karena Banjir Selesai H-7 Lebaran

100 km jalan provinsi Jateng rusak diterjang banjir

Semarang, IDN Times - Perbaikan jalan provinsi yang rusak akibat bencana banjir dan longsor yang ditargetkan selesai pada H-7 atau tujuh hari sebelum Lebaran.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Cipta Karya Jateng Hanung Triyono mengatakan perbaikan jalan saat ini menunggu banjir surut dan ditargetkan selesai seminggu sebelum lebaran.

“Untuk perbaikan jalan provinsi kami menunggu setelah surut. Setelah surut kami akan laksanakan perbaikan dengan menambal lubang. Nanti H-7 Lebaran selesai,” katanya.

Baca Juga: Jalur Pantura Jateng Terputus! Ini Peta Pengalihan Arus Semarang-Pati

1. Jalan yang rusak akibat bencana di Jateng mencapai 100 km

Perbaikan Jalur Mudik yang Rusak Karena Banjir Selesai H-7 LebaranIlustrasi truk. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Menurut Hanung jalan-jalan provinsi yang rusak akibat banjir terbanyak yakni di daerah pantura bagian timur, seperti Grobogan, Demak, dan Kudus.

Ia menyebutkan jalan yang rusak akibat banjir diperkirakan mencapai sepanjang 100 kilometer yang terbagi di berbagai spot, di antaranya Lingkar Purwodadi Grobogan, Jati-Klambu, dan Kudus-Margoyoso

Perbaikan jalan itu, kata dia, dilakukan dengan pengaspalan, yakni dengan menambal jalan-jalan yang rusak atau berlubang.

Di luar perbaikan jalan yang terdampak banjir, kata dia, Pemprov Jateng juga memperbaiki jalan di ruas-ruas lain di berbagai wilayah.

"Kami juga laksanakan pengerjaan 'overlay', ada sekitar hampir 40 km yang tersebar di Jawa Tengah. Itu untuk kenyamanan para pengguna jalan saat lebaran," katanya.

2. Perbaikan jalan pantura Demak ditarget selesai H-10 lebaran

Perbaikan Jalur Mudik yang Rusak Karena Banjir Selesai H-7 LebaranFoto udara kondisi jalur utama pantura Demak-Kudus yang terendam banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (18/3/2024). Menurut data yang dihimpun BPBD Kabupaten Demak dari Rabu (13/3) hingga Senin (18/3) banjir yang kembali melanda Kabupaten Demak itu karena curah hujan tinggi yang menyebabkan sejumlah tanggul sungai jebol sehingga mengakibatkan ribuan rumah terendam banjir di 89 desa dari 11 kecamatan, 24.946 jiwa mengungsi, serta terputusnya jalur utama pantura Demak-Kudus. (ANTARA/Aji Styawan)

Sementara itu untuk jalan nasional yang mengalami kerusakan akibat banjir seperti jalan Pantura Demak juga sedang dilakukan perbaikan.

"Perbaikan jalan Pantura itu sudah mulai, yang mengerjakan balai besar (Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jateng-DIY, red.). Targetnya H-10 Lebaran," katanya.

Dijelaskannya, jalan nasional yang teridentifikasi rusak parah adalah di daerah Tanggulangin-Karanganyar Demak, dengan panjang kira-kira 5 km.

Hanung mengatakan selama perbaikan jalan akan dipasang rambu-rambu informasi bagi masyarakat tentang perbaikan jalan dan mengimbau warga agar dapat berkendara dengan hati-hati.

"Jangan ngebut, apalagi saat hujan. Jalannya kan tertutup air, kami tidak tahu bawahnya itu ada lubang atau tidak. Tidak hanya jalan provinsi, jalan nasional, bahkan jalan kabupaten/kota pun juga seperti itu," katanya.

3. Pemprov Jateng lakukan pendataan kerusakan akibat banjir

Perbaikan Jalur Mudik yang Rusak Karena Banjir Selesai H-7 LebaranPj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat menengok Okta yang sedang menjalani hari-harinya di pengungsian pusat Kabupaten Demak. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana mengatakan akan menyelenggarakan rapat koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian PUPR.

Dalam rapat itu, kata dia, membicarakan terkait upaya penuntasan masalah tanggul, perbaikan rumah warga yang rusak, perbaikan jalan utama yang rusak, dan perbaikan sanitasi.

"Saat ini sedang kami lakukan pendataan semua, termasuk jalan raya dan perumahan masyarakat. Pada saatnya segera akan kami koordinasikan untuk diperbaiki," katanya .

"Apalagi, jalan-jalan utama, jalan nasional yang memang sangat dibutuhkan bagi masyarakat, apalagi sebentar lagi ada arus mudik dan arus balik," pungkas Nana.

Baca Juga: 100 Kilometer Lebih Jalur Mudik Pantura Timur Remuk Diterjang Banjir

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya