PSI Jateng Pantau Survei Ahmad Luthfi, Bakal Disodorkan ke Kaesang

PSI Jateng lirik Ahmad Luthfi

Semarang, IDN Times - Elite Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jawa Tengah mengaku sedang memantau pergerakan survei Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. Seperti diketahui, Ahmad Luthfi belakangan digadang-gadang mencalonkan diri sebagai gubernur Jawa Tengah pada kontestasi Pilgub 2024.

 

Baca Juga: Ngaku Dekat Jokowi, Crazy Rich Joko Suranto Nyalon Gubernur Jateng Via PSI

1. PSI pertimbangan kapan Ahmad Luthfi ajukan pensiun dini

PSI Jateng Pantau Survei Ahmad Luthfi, Bakal Disodorkan ke KaesangKapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi temui buruh di MG Setos. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ketua DPW PSI Jateng, Antonius Yoga Prabowo mengungkapkan partainya masih secara intens melihat perkembangan survei Ahmad Luthfi yang sedang diolah di beberapa lembaga survei. 


Menurutnya sejauh ini angka elektabilitas Ahmad Luthfi mengalami grafik kenaikan ketimbang beberapa bulan sebelumnya. 


"Akan tetapi tentunya kami juga mengukur diri, mempertimbangkan kapan beliau akan pensiun dini, karena kami perlu menghormati etika politik yang sedang berjalan saat ini," kata Yoga kepada IDN Times, Sabtu (15/6/2024). 

2. Angka elektoral Ahmad bergerak naik

PSI Jateng Pantau Survei Ahmad Luthfi, Bakal Disodorkan ke KaesangIlustrasi pilkada. IDN Times

Yoga berkata komunikasi dengan Ahmad Luthfi masih sangat cair. Partainya masih memetakan dinamika politik menjelang Pilgub Jateng. 


Berdasarkan hasil pengamatannya selama ini, muncul kenaikan elektabilitas dan popularitas Ahmad Luthfi yang bergerak di atas nama-nama kandidat gubernur lainnya. 


"Kami berkomunikasi dengan tokoh-tokoh termasuk beliau, apapun dinamika Pilgub terbuka, cair semua," sambungnya. 


"Hari ini kami hormati betul karena beliau masih menjabat kapolda. Karena kami orang politik maka harus tahu betul batasan komunikasinya. Makanya sampai sekarang masih terus-menerus memantau dan lihat hasil survei seberapa besar angka penerimaan masyarakat Jateng terhadap kapasitas beliau. Tapi yang jelas elektabilitasnya, angka elektoralnya ada tren kenaikan," ungkap Yoga. 

3. PSI juga jalin komunikasi dengan Sudaryono

PSI Jateng Pantau Survei Ahmad Luthfi, Bakal Disodorkan ke KaesangTaj Yasin Maimoen alias Gus Yasin melakukan foto bersama dengan Sudaryono di Ponpes Al Anwar Sarang Rembang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Untuk tahapan pendaftaran bakal calon gubernur melalui PSI dimulai dari penyerahan surat pendaftaran kepada pada bakal calon. Kemudian bakal calon mengembalikan formulir pendaftaran. Lalu kajian teknis dilakukan DPW untuk selanjutnya diserahkan kepada DPP PSI pada Agustus nanti. 


Sementara ini baru ada satu figur yang mendaftar sebagai bakal calon gubernur Jateng melalui PSI yaitu Ketua DPP REI, Joko Suranto. 


"Semua berikhtiar dapat rekom untuk pertarungan. Jadi memang annti ada penentuan dan pertimbangan dari Mas Ketum untuk pilgub. Dinamikanya banyak tokoh seperti Pak Yasin, Gus Yusuf, Mas Sudaryono, kami komunikasi semua. Karena jalannya masih panjang jadinya kami tidak mau buru-buru. Pastinya nanti nama yang mengerucut disodorkan ke DPP untuk diolah," ungkap Yoga. 

4. Ahmad Luthfi cocok dipasangkan sama Sudaryono

PSI Jateng Pantau Survei Ahmad Luthfi, Bakal Disodorkan ke KaesangKetua Gerindra Jateng Sudaryono. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sedangkan pengamat politik dari FISIP Undip, Wahid Abdurahman memperkirakan Ahmad Luthfi bisa dicalonkan jika dipasangkan dengan Ketua Gerindra Jateng, Sudaryono. 


Pencalonan Ahmad Luthfi juga bisa meramaikan bursa Pilgub apalagi Jawa Tengah selama ini dikenal sebagai basis massa PDIP yang kuat. 


"Kami kira untuk Pilgub Jawa Tengah ini akan muncul dia pasang calon. Pak Luthfi yang selama ini jadi kapolda bisa dipasangkan dengan Mas Dar. Maka nantinya bisa menjadi kekuatan baru untuk pertarungan kontestasi pemilihan gubernur," urainya. 

Baca Juga: Kelompok Tani Merdeka Sosialisasikan Sudaryono jadi Cagub Jateng

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya