PSI Kepincut Usung Ahmad Luthfi Jadi Cagub Jateng: Tunggu Keputusan Pusat

PSI dorong Ahmad Luthfi maju pilgub

Semarang, IDN Times - Elite Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengaku tertarik mendeklarasikan Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur pada kontestasi Pilgub Jawa Tengah. Ketua PSI Jateng, Muhammad Farchan menyampaikan Ahmad Luthfi sudah teruji selama menjadi pimpinan lembaga kepolisian di Jawa Tengah. 

Menurutnya gaya berkomunikasi Ahmad Luthfi juga sangat pas dengan corak budaya masyarakat Jawa.

"Berkali-kali saya sudah katakan Pak Luthfi ini sudah teruji. Jam terbangnya terbangnya, gaya komunikasinya mengenai tuntutan Jawa Tengah saat ini. Dari semua figur ya Pak Luthfi yang paling pas. Jadi itu saja," ungkap Farchan, usai menghadiri diskusi dan deklarasi relawan Sahabat Luthfi di Resto Jawa Semarang, Senin (3/6/2024). 

 

Baca Juga: Pemprov Jateng Matangkan Persiapan Pilkada Serentak 2024

1. Deklarasi Ahmad Luthfi jadi cagub nunggu keputusan DPP PSI

PSI Kepincut Usung Ahmad Luthfi Jadi Cagub Jateng: Tunggu Keputusan PusatKetum PSI, Kaesang Pangarep saat konferensi pers di Kantor DPP PSI pada Kamis (21/3/2024). (IDN Times/Amir Faisol)

Ia menuturkan rekan-rekan separtainya sudah sempat berkomunikasi dengan Ahmad Luthfi mengenai rencana deklarasi calon gubernur bersama partai lainnya.

Langkah untuk mendeklarasikan Ahmad Luthfi, katanya tinggal menunggu keputusan DPP PSI. Partainya di Jawa Tengah sudah menggerakan mesin politik untuk memantapkan strategi pencalonan bagi kapolda Jateng tersebut. 

"Untuk mendeklarasikan, untuk mengusung Pak Luthfi sebagai calon gubernur. Tinggal keputusan di tingkat pusat. Jadi sejauh mana kita berani mendeclear ya secara layar belakangnya kita sudah menata diri. Jadi sederhana saja, kami memandang Pak Luthfi pas memimpin Jateng," akunya. 

2. Ahmad Luthfi dianggap pas jadi gubernur

PSI Kepincut Usung Ahmad Luthfi Jadi Cagub Jateng: Tunggu Keputusan Pusatdetik.com

Ia berkata Ahmad Luthfi telah membuktikan mampu menjadi pimpinan kepolisian yang memiliki jam terbang cukup tinggi. 

Hal itu terbukti sejak Ahmad Luthfi menjadi Kapolres Barang sampai terakhir menjabat Kapolda Jateng. 

"Teruji itu penting, gak terus ujug-ujug pasang gambar ya gak bisa. Pak Luthfi ini sejak Kapolres Batang sampai terakhir Kapolda gak main-main. Termasuk jam terbang beliau sebagai polisi, saya belum pernah membaca sikap kapolda Jateng yang represif. Ini pas dengan budaya Jowo. Mengedepankan binmas sebagai fungsi etalase, fungsi lurah sebagai etalase," paparnya. 

3. PSI: Pak Luthfi bisa gerakan potensi Jateng yang sebenarnya

PSI Kepincut Usung Ahmad Luthfi Jadi Cagub Jateng: Tunggu Keputusan PusatKetua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Lebih lanjut lagi, partainya melihat fungsi gubernur Jateng nantinya tetap menjadi mediator yang punya kedekatan dengan para bupati dan walikota serta bisa dekat berkomunikasi dengan pemerintah pusat. 

Ia berpendapat Jawa Tengah ke depan akan menjadi provinsi yang luar biasa karena banyak pimpinan lembaga sampai presiden yang berasal dari wilayah tersebut. 

"Jawa Tengah sebetulnya luar biasa. Ketua DPR-nya dari Jawa Tengah, menteri-menterinya Jawa Tengah, Ketua MPR-nya Jawa Tengah, presidene Jawa Tengah," urainya. 

"Nyuwun sewu kalau pembangunan seperti ini maka setengah setengah. Jadi ini momen Pak Luthfi menggerakkan potensi Jateng yang sebenarnya," kata Farchan. 

Baca Juga: Dico Blak-blakan Soal Balihonya Bareng Raffi Ahmad Masif Dipasang di Jateng

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya