Siswa SDN Tugurejo Semarang Tunjukkan Makan Bergizi Murah Meriah, Ini Menunya

Semua siswa bawa bekal dari rumah

Semarang, IDN Times - Hari Kamis menjadi momen yang ditunggu tunggu para siswa SDN Tugurejo 02 Kota Semarang. Musababnya, saban Kamis pagi mereka diajak makan bersama dengan menyantap menu-menu yang dibawa dari rumah masing-masing. 

Terlihat murid membawa bekal masing masing dari rumah dan setelah itu dilanjut makan bersama seluruh siswa didampingi bapak ibu guru. 

Baca Juga: Menu Uji Coba Makan Bergizi Gratis di 3 SD Solo yang Dimulai Hari ini

1. Zakia santap nasi bayam dan telur

Siswa SDN Tugurejo Semarang Tunjukkan Makan Bergizi Murah Meriah, Ini MenunyaAda puluhan bahkan ratusan siswa SDN Tugurejo Semarang yang ikut kegiatan makan bergizi di pagi hari. (IDN Times/Dok SDN Tugurejo Semarang)

Seperti yang dilakukan Zakia Naura Husna. Zakia yang masih duduk di kelas 3 ini dibawakan bekal oleh orang tuanya berupa nasi, sayur bayam dan telur. 

Menurutnya bekal makanan yang dibawakan dari rumah terasa enak dan membuatnya kenyang. "Enak, mengenyangkan," katanya, Kamis (25/7/2024). 

Nasi sayur bayam yang disantap Zakia merupakan bekal yang sehat dan bergizi. Sehingga cocok dijadikan makanan pagi baginya saat di sekolah. 

Tak cuma Zakia, sejumlah murid lainnya juga gembira saat bersama-sama bekal yang mereka bawa dari rumah.

2. Makan bergizi diadakan pagi hari

Siswa SDN Tugurejo Semarang Tunjukkan Makan Bergizi Murah Meriah, Ini MenunyaPara siswa duduk melingar saat menyantap bekalnya. (IDN Times/Dok SDN Tugurejo Semarang)

Nur Rakhmat, Kepala SDN Tugurejo 02 menyampaikan kegiatan makan bersama memang jadi rutinitas sekolahnya saban Kamis. Jadwal kegiatannya Kamis pagi saat akhir bulan. 

"Ini makan pagi mas. Setiap Kamis akhir bulan," tambahnya. 

3. Tiap siswa bawa bekal sesuai kemampuan ekonomi masing-masing

Siswa SDN Tugurejo Semarang Tunjukkan Makan Bergizi Murah Meriah, Ini MenunyaSetiap siswa dibagi beberapa kelompok untuk membentuk lingkaran saat menyantap bekal di halaman sekolah. (IDN Times/Dok SDN Tugurejo Semarang)

Bekal yang dibawa siswanya pun beragam. Disesuaikan dengan kemampuan ekonomi setiap orang tuanya. Yang pasti setiap siswa perlu membawa sayur dan lauk. "Sesuai sarapan di rumah masing masing," akunya. 

Ia pun menekankan bahwa makanan bergizi sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Namun pemberian makanan bergizi tak harus mahal, tetapi bisa didapat dari lingkungan sekitar. Seperti bahan baku ikan, sayur, daging dan sejenisnya. 

"Apalagi lingkungan SDN Tugurejo 02 dekat pantai dan letaknya juga di dataran rendah. Jadinya di dalam bekal yang murid bawa ke sekolah rata-rata isinya lauk ikan, udang, dan sayuran yang merupakan hasil alam sekitar," tuturnya.

4. Makan bergizi bareng dengan MPLS

Siswa SDN Tugurejo Semarang Tunjukkan Makan Bergizi Murah Meriah, Ini Menunyailustrasi sayur dan buah (kompas.com)

Adapun kegiatan makan bergizi di SDN Tugurejo kali ini berbarengan dengan penutupan MPLS. Alhasil siswa baru kelas 1-6 pun turut serta mengikuti acara makan bersama sekaligus menyemarakkan Hari Anak Nasional. 

Kegiatan diawali dengan membaca asmaul khusna, juga penanaman sikap nasionalisme dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan hormat kepada sang saka merah putih.


Sama seperti daerah lainnya, di Kota Semarang Hari Anak bertemakan Anak Terlindungi Indonesia Maju dengan tema khusus Anak Hebat Siap Lawan Stunting.

Baca Juga: Para Ahli Gizi Jateng Sarankan Makan Bergizi Gratis Pakai Misoa dan Mi Goreng

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya