Sudah Ikrar NKRI, 1 Napiter Lapas Pasir Putih Dipindah ke Sel Maximum Security

Napiter tetap dipantau

Cilacap, IDN Times - Lantaran sudah mengucapkan ikrar kembali ke pangkuan NKRI, seorang narapidana kasus tindak pidana terorisme (napiter) dipindahkan ke sel maximum security Lapas Kelas IIA Besi Nusakambangan Cilacap. 

Napiter berinisial S tersebut selama ini mendekam di sel super maximum security Lapas Kelas IIA Pasir Putih Nusakambangan. 

Baca Juga: Satu Napi Teroris Dipindahkan ke Lapas Besi Nusakambangan 

1. Tindak lanjuti arahan Kemenkumham

Sudah Ikrar NKRI, 1 Napiter Lapas Pasir Putih Dipindah ke Sel Maximum SecuritySeorang narapidana kasus terorisme penghuni sel maximum security saat dibawa ke Lapas Besi Nusakambangan Cilacap. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Kepala Lapas Pasir Putih, Enjat Lukmanul Hakim mengungkapkan proses pemindahan seorang napiter itu menindaklanjuti arahan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah yang menerbitkan surat resmi Nomor : W.13.PK.05.05.05-25 tanggal 11 Januari 2024 perihal Persetujuan Pemindahan Narapidana S.

"Ada juga Surat Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pasir Putih Nusakambangan Nomor : W.13.PAS.PAS.9.PK.05.05- 224 tanggal 4 Maret 2024 perihal pemindahan 1 (satu) orang narapidana, dengan inisial S," kata Enjat, Selasa (5/3/2024). 

2. Pemindahan napiter dikawal Densus dan Polsek

Sudah Ikrar NKRI, 1 Napiter Lapas Pasir Putih Dipindah ke Sel Maximum SecurityAparat Densus 88 Antiteror dan BNPT juga turut mengawal pemindahan napiter ke Lapas Besi Nusakambangan Cilacap. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ia mengaku pemindahan seorang napiter dilakukan Senin kemarin. Selama perjalanan pemindahan, napiter itu dikawal dan didampingi petugas Lapas Pasir Putih, Densus 88, dan Polsek Nusakambangan.

Lebih lanjut, pemindahan ini karena napiter itu telah mengucapkan ikrar setia NKRI dan telah mengikuti pembinaan deradikalisasi dengan baik di Lapas Super Maximum Security.

"Jadi sesuai ketentuan yang berlaku dapat dipindahkan ke Lapas Maximum Security untuk pembinaan lanjutan," terangnya. 

3. Profiling lapas dianggap sukses

Sudah Ikrar NKRI, 1 Napiter Lapas Pasir Putih Dipindah ke Sel Maximum SecuritySeorang napiter Lapas Kedungpane saat diberi pengarahan ideologi oleh Ditjen PAS

Tahapan pembinaan di setiap Lapas dari super maximum, maximum dan medium security, katanya sangat selektif dan tetap berkoordinasi dengan BNPT maupun Densus 88 Antiteror. 

Berhasilnya proses pemindahan napiter, ia berkata berkat dukungan penuh dari wali pemasyarakatan dan petugas Lapas Pasir Putih serta Balai Pemasyarakatan (Balas) Nusakambangan yang memproses proffiling serta assessment. 

"Hal ini merupakan capaian kinerja dalam bidang pembinaan di Lapas Pasir Putih sebagai faktor pendukung indikator kinerja utama," tambahnya.

Baca Juga: Tiga Napi Teroris di Cilacap Ucapkan Ikrar Setia Untuk NKRI

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya