Undip Akui Dokter ARL Mahasiswi PPDS yang Perlu Support Khusus

Tunggu proses penyelidikan polisi

Semarang, IDN Times - Pihak Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) tetap pada keyakinannya bahwa meninggalnya ARL dokter yang juga mahasiswi PPDS Undip bukan karena perundungan di lingkup Kampus Undip.

Meski begitu pihak Undip mengatakan masih menunggu hasil penyidikan yang dilakukan oleh pihak kepolisian. "Apakah wafatnya dokter Risma ada kaitan langsung maupun tidak langsung dengan perundungan itu kita perlu menunggu hasil investigasi dari kepolisian," ucap Dekan Fakultas Kedokteran Undip Yan Wisnu Prajoko saat konferensi pers di Dekanat FK Undip, Jumat (23/8/2024).

Disebutkan Yan selama ini kegiatan dokter PPDS memang cenderung didominasi di dalam rumah sakit. Sedangkan untuk para dokter PPDS anestesi seperti almarhumah, kata Yan selama bertugas lebih banyak berkutat di ruang-ruang bangsal anak, ruang IGD, UGD, ICU bahkan punya tugas khusus menangani para pasien yang mengalami henti nafas. 

Diakui Yan sejak ARL diterima sebagai mahasiswi PPDS Undip, menurutnya ARL merupakan salah satu mahasiswi yang mendapat perhatian khusus, ini salah satunya dilihat dari riwayat sakit yang dideritanya. "Kami identifikasi almarhumah perlu support khusus, semua pengajuan surat izin tidak ada yang tidak kami ACC, kami memudahkan. Beliau dua kali operasi kami izinkan, istirahat kami izinkan," katanya.

Melihat hal tersebut Ia berkeyakinan meninggalnya dokter ARL bukan karena perundungan di lingkup kampus Undip. "Dengan hal tersebut disimpulkan untuk yang bersangkutan ini tidak ada perundungan," katanya.

Meski begitu pihak Undip tetap menghormati proses penyelidikan oleh aparat kepolisian, dan pihaknya terbuka untuk bekerjasama dengan penyidik. "Dan kami sangat menghormati dan mendukung proses yang sedang dilakukan. Dan semoga, ya, kita bisa saling bekerjasama, berkolaborasi, sehingga dapat mendudukan perkara lebih baik dan menjernihkan masalah dengan lebih baik," katanya.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya