Aqua Ramaikan Iftar Ramadan di Masjid Syeikh Zayed Solo

Usung edukasi lingkungan

Surakarta, IDN Times - Masjid Raya Syeikh Zayed Solo mengelar Iftar dan Festival Ramadan. Acara yang digelar di halaman sisi utara Masjid Syeikh Zayed Solo tersebut diikuti oleh para jemaah masjid yang hadir di masjid tersebut.

Baca Juga: 14 Potret Villa Aquin, Villa Nuansa Alam di Tengah Kota Solo

1. Sediakan ribuan menu berbuka puasa.

Aqua Ramaikan Iftar Ramadan di Masjid Syeikh Zayed SoloAcara Iftar Ramadan di Masjid Syeikh Zayed Solo. (IDN Times/Larasati Rey))

Acara Iftar dan Festival Ramadan juga menyediakan 7.000 hingga 10.000 porsi menu buka Puasa dan takjil, Iftar dan Festival Ramadan juga diisi dengan berbagai macam hiburan keagamaan.

“Pada momentum ini, kami membuka kesempatan bagi siapapun untuk berkolaborasi meramaikan Iftar dan Festival. Sebagai masjid yang ke depan akan berkembang sebagai pusat edukasi, kami sangat terbuka dengan aktivasi kolaborasi yang bersifat edukasi. Apapun tema edukasinya,” tutur Direktur Masjid Raya Syeikh Zayed Solo, Munajat, Rabu (27/3/2024).

2. Siapkan menu berbuka bersama setiap harinya.

Aqua Ramaikan Iftar Ramadan di Masjid Syeikh Zayed SoloAcara Iftar Ramadan di Masjid Syeikh Zayed Solo. (IDN Times/Larasati Rey))

Setiap hari Masjid di Jl Ahmad Yani Gilingan Banjarsari Solo tersebut penuh dengan jamaah baik untuk mengikuti salat tarawih berjamaah, salat subuh berjamaah, kuliah subuh, berbagai kegiatan kajian, hingga aktivitas buka puasa bersama.

Menu berbuka yang disediakan berbeda-beda. Para jemaah yang datang bisa menikmati acara buka puasa bersama di selasar masjid dan tenda yang sudah disediakan oleh panitia masjid.

3. Usung edukasi lingkungan

Aqua Ramaikan Iftar Ramadan di Masjid Syeikh Zayed SoloAcara Iftar Ramadan di Masjid Syeikh Zayed Solo. (Dok/Istimewa)

PT Tirta Investama menjadi salah satu industri air minum dalam kemasan (AMDK) ingin turut mengambil bagian dalam momentum Ramadan di Masjid Raya Syeikh Zayed Solo.

Dengan pendekatan moral keagamaan, produsen minum AQUA ini ingin mengedukasi masyarakat khususnya pengunjung masjid agar menjadi Jemaah yang lebih ramah lingkungan.

“Kami berbagi cerita atas apa yang sudah kami lakukan dalam melestarikan air dan menyelaraskan diri dengan lingkungan. Dan kami mendapati di sini bahwa upaya-upaya kami tersebutdiperkuat dari sisi keagamaan, terima kasih untuk memperkaya pengetahuan ini”, kata Rama Zakaria, Sustainable Development AQUA Klaten.

Air dan lingkungan adalah bagian yang saling berkaitan dan menjadi komponen penting bagi pelestarian lingkungan. Isu lingkungan ini menjadi menarik untuk digaungkan di lingkungan masjid khususnya Masjid Raya Syeikh Zayed Solo karena tingkat kunjungan Masjid ini sangat tinggi.

Baca Juga: BI Siapkan Rp 4,3 Triliun, Ini Lokasi Penukaran Uang Baru di Solo

Topik:

  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya