Beredar Video Abu Bakar Ba'asyir Dukung AMIN, Singgung Ideologi Islam

Abu Bakar Ba'asyir nilai 01 bisa tegakkan Ideologi Islam

Surakarta, IDN Times - Beredar video rekaman suara di media sosial (medsos) tiktok pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mukmin Ngruki Sukoharjo, Ustad Abu Bakar Ba'asyir mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Dalam video tersebut Ba'asyir menyebutkan soal pemimpin yang mendukung tegaknya ideologi Islam di Indonesia.

Sebelumnya, Ba'asyir telah mengirim surat kepada para capres dan cawapres dalam Pilpres 2024 beberapa waktu lalu. Surat tersebut diberikan kepada perwakilan capres.

Baca Juga: Partai Ummat Dapat Coattail Effect AMIN, Yakin Dapat 3 Juta Suara di Jateng

1. Dukung 01 karena ingin tegakkan Ideologi Islam

Beredar Video Abu Bakar Ba'asyir Dukung AMIN, Singgung Ideologi IslamMenko PMK, Muhadjir Effendy bersama pendiri Ponpes Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Ustaz Abu Bakar Ba'asyir saat menghadiri upacara HUT ke-77 RI di ponpes tersebut, Rabu (17/8/2022). (dok. Humas Kemenko PMK)

Rekaman video akun Tiktok @anisvisione* tersebut, menampilkan rekaman suara Abu Bakar Ba'asyir yang berkomentar soal Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ba'asyir menyebutkan bahwa pilpres itu bukanlah ideologi, melainkan sebagai alat. Sehingga, bila tujuan mengikuti pilpres untuk membela Islam itu diperbolehkan.

Dalam rekaman tersebut, Abu Bakar Ba'asyir juga menyebut pasangan calon yang paham Islam adalah paslon nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Mantan Eks Napiter tersebut bahkan secara terang-terang menyebutkan untuk Pilpres dalam rangka membela Islam bukan untuk mengikuti Undang-Undang.

2. Dibenarkan oleh pihak keluarga.

Beredar Video Abu Bakar Ba'asyir Dukung AMIN, Singgung Ideologi IslamKepulangan Abu Bakar Ba'asyir ke Ponpes Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo. IDNTimes/Larasati Rey

Dikonfirmasi soal video rekaman tersebut, Putra Abu Bakar Ba'asyir, Abdul Rohim membenarkan jika video suara rekaman memang suara Abu Bakar Ba'asyir. Ia juga mengakui jika Ba'asyir mendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Iya benar," ujarnya.

Iim menjelaskan bahwa dukungan ke pasangan 01 tersebut atas nama pribadi. "Beliau secara pribadi ya. Pasangan Anies-Muhaimin adalah sosok layak untuk didukung menurut pandangan beliau, sosok yang tampaknya bisa dipercaya untuk memimpin Indonesia kedepan hanya yang nomor satu,itu keyakinan beliau,” ungkapnya.

Dukungan tersebut, menurut Iim mengatakan merupakan hasil renungan Ba'asyir atas informasi yang telah didapatkan selama ini. Iim mengaku jika Ba'asyir terus memantau perkembangan informasi yang ada. "Itu hasil renungan beliau selama ini," jelasnya.

3. Pernyataan atas dasar pribadi.

Beredar Video Abu Bakar Ba'asyir Dukung AMIN, Singgung Ideologi IslamCuplikan video yang beredar di Tiktok. (Dok/@anivisioner)

Ditanya soal, pernyataan dukungan Ba'asyir dalam video tersebut, Iim mengaku jika statmen Ba'asyir tersebut dalam rangka menjawab salah satu pertanyaan dari salah satu jemaah di sebuah kajian.

"Sebenarnya beliau tidak berniat untuk menyebarkan secara khusus hal itu. Jadi itu hanya jawaban dari jamaah terus jamaah tersebut memberikan pada teman-temannya akhir tersebar, mungkin seperti itu," jelasnya.

Kedati demiki, pihak keluarga tidak mempermasalahkan beredarnya video teraebut. Menurutnya, Ba'asyir memiliki hak pilih, dan hak untuk menjawab. "Itu hak beliau ya. Kita mau mempermasalahkan gimana, karena beliau punya hak pilih," pungkasnya.

Baca Juga: Abu Bakar Ba'asyir Dukung Anies, Timnas Bantah soal Politik Identitas 

Topik:

Berita Terkini Lainnya