Diikuti Iriana, Parade Kriya dan Budaya Raih Rekor MURI

Diikuti oleh ribuan peserta dan ratusan mobil hias.

Surakarta, IDN Times - Sebanyak 102 kendaraan hias ditampilkan dalam Parade Kriya dan Budaya dalam rangka Hari ulang tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) pada Rabu (15/5/2024) sore.

Baca Juga: Ibu Iriana Ikut Parade Kriya dan Budaya Dekranas di Solo

1. Raih Rekor MURI

Diikuti Iriana, Parade Kriya dan Budaya Raih Rekor MURIParade Kriya & Budaya dalam rangka HUT Dekranas ke 44 di Kota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Acara parade tersebut diselenggarakan dengan pawai di Jalan Slamet Riyadi Solo ini dimulai dengan pemberian penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) oleh pendiri MURI Jaya Suprana.

Acara dimulai dengan penyerahan rekor MURI oleh Jaya Suprana kepada Iriana. Rekor Muri didapat sebagai salah satu parade atai pawai mobil-mobil kendaraan hias terbanyak dari seluruh daerah di Indonesia.

”Anugerah penghargaan MURI ini merupakan suatu rekor. Tapi bukan hanya rekor di Indonesia, tapi juga merupakan rekor dunia,” kata Jaya Suprana dalam sambutannya di penyerahan piagam.

Iriana dan juga Ketua Umum Dekranas Wury Estu Handayani yang merupakan istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta Ibu-Ibu Istri Menteri yang tegabung dalam OASE KIM dan Selvi Ananda turut menaiki mobil bias yang bentuk Rajamala.

Rombongan tersebut naik dari Taman Sriwedari menuju ke perempatan Ngarsopuro.

2. Libatkan ribuan peserta

Diikuti Iriana, Parade Kriya dan Budaya Raih Rekor MURIParade Kriya & Budaya dalam rangka HUT Dekranas ke 44 di Kota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Ketua Bidang Penyelenggara Parade Kriya & Budaya, Endang Budi Karya mengatakan dalam pawai ini melibatkan sebanyak 1.200-an peserta PKK, ratusan penari dan 102 mobil hias dari masing-masing daerah.

Ia merasa bersyukur acara dapat terselenggara dengan baik. Terlebih bisa mendapatkan rekor MURI secara langsung.

"Rekor MURI itu kami dapatkan karena hari ini kita bisa menyelenggarakan parade kriya dan budaya dengan peserta terbanyak yang selama ini belum ada," ujarnya.

"Waktu itu pernah tapi pesertanya hanya 66 dan mobil hias aja temanya dan kalau hari ini kita temanya kriya dan budaya," imbuh Endang.

3. Solo dapat juara ketiga

Diikuti Iriana, Parade Kriya dan Budaya Raih Rekor MURIParade Kriya & Budaya dalam rangka HUT Dekranas ke 44 di Kota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam kesempatan ini Kota Solo mendapat juara ke-3 dalam parade mobil hias, kriya dan budaya. Hal ini disambut gembira oleh Ketua Tim Penggerak PKK dan sekaligus Ketua Dekranasda Kota Solo Selvi Ananda.

”Tentunya senang, bisa jadi tuan rumah dan bonus juara tiga dari 102 unit mobil hias,” katanya.

Sebagai tuan rumah, Pemerintah Kota Solo telah berupaya dengan baik dan ramah menyambut para tamu undangan. Hal ini tentunya menjadi kehormatan karena mendapat kepercayaan tersebut.

”Warga juga sangat antusias mengikuti dan menyaksikan parade, cuaca juga cerah, acaranya berlangsung tertib. Tentunya kami sangat senang,” jelasnya..

Selvi juga mengaku jika penyelenggaraan parade kriya dan budaya di Solo mendapat apresiasi dari Ibu Iriana Joko Widodo. "Ya pokoknya bagus, paradenya bagus, rame, meriah gitu," pungkasnya.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya