Ganjar Pilih Jadi Oposisi, Gibran : Ya Udah Gak Apa-Apa

Minta untuk tetap mengawal dari luar.

Surakarta, IDN Times - Wakil presiden (Wapres) terpilih, Gibran Rakabuming Raka mengomentari soal pernyataan dari Eks calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengumumkan bahwa dirinya tak akan bergabung pada pemerintahan di bawah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming ke depan.

Pernyataan Ganjar tersebut diungkapkan saat acara halal bihalal Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, dan turut dihadiri bekas cawapresnya Mahfud MD di Teuku Umar 9, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2024).

Baca Juga: Gibran Dukung Prabowo Bentuk Presidential Club, Gandeng Megawati Juga

1. Gibran tak mempermasalahkan sikap Ganjar

Ganjar Pilih Jadi Oposisi, Gibran : Ya Udah Gak Apa-ApaWapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Saat ditemui awak media di Balaikota, Walikota Solo tersebut mengaku tak mempermasalahkan jika Ganjar memilih menjadi oposisi. Kendati demikian, Gibran meminta agar tetap mengawal pemerintahan kedepan.

"Ya udah, nggak apa-apa. Tetap mohon dikawal dari luar ya. Siapa pun itu, masukan-masukan dari dalam, dari luar, dari oposisi tetap kita tampung ya. Tidak masalah," ujar Gibran, Selasa (7/5/2024).

Ditanya soal, apakah sudah melakukan komunikasi dengan Ganjar. Putra pertama Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut mengaku belum ada komunikasi.

"Kalau Pak Prabowo sendiri sudah komunikasi intens dengan pimpinan-pimpinan dari PDIP," jelasnya.

2. Sudah coba dirangkul

Ganjar Pilih Jadi Oposisi, Gibran : Ya Udah Gak Apa-ApaGanjar Pranowo dan Mahfud MD di acara halalbihalal TPN, Senin (6/5/2024). (IDN Times/Muhammad Ilman Nafi'an)

Gibran mengatakan jika presiden terpilih Prabowo Subianto sudah berusaha merangkul semua partai pasca pemilu. Kendati demikian, sikap oposisi tersebut tergantung pada partai masing-masing tak terkecuali PDIP yang notabene merupakan partai pengusung Ganjar.

"Oh, ya pasti (PDIP bersikap oposisi). Biasanya seperti itu. Tapi sekali lagi, atas arahan dari pak presiden terpilih, semuanya akan coba dirangkul. Yang namanya dialog, komunikasi tetap kita jaga ya, semua partai. Tapi sekali lagi ini keputusannya di Pak Presiden terpilih," jelasnya.

3. Soal penyusunan kabinet Prabowo-Gibran

Ganjar Pilih Jadi Oposisi, Gibran : Ya Udah Gak Apa-Apadetik

Lebih lanjut, Gibran mengatakan jika Prabowo Subianto juga bersilaturahmi ke sejumlah calon lain pasca penetapan KPU. Hal itu menunjukkan jika Prabowo berkomitmen untuk menjaga silaturahmi dan merangkul semua partai.

"Kan kemarin habis penetapan KPU kan juga beliau langsung silaturahmi, menerima tamu-tamu dari luar koalisi juga. Intinya adalah komunikasi jangan sampai putus. Silaturahmi dengan partai-partai lain jangan sampai putus," jelasnya.

Kendati demikian, Gibran tak ingin masyarakat salah artikan kegiatan silaturahmi tersebut sebagai upaya untuk melibatkan semua partai politik masuk dalam kabinet. Ia menegaskan jika penyusunan kabinet merupakan hal prerogatif dari Prabowo.

"Kalau masalah penyusunan kabinet dan lain-lain ya itu nanti. Waktunya masih panjang. Dan itu keputusannya ada di Pak Presiden terpilih," jelasnya.

Baca Juga: Gibran Ngaku Punya Roadmap Partai Mana Ia Berlabuh, Golkar?

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya