Gibran Serahkan Puluhan Gerobak Dagang ke PKL di Solo

Bantu meningkatkan kualitas dagangan PKL

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyalurkan bantuan gerobak kepada pedagang kaki lima (PKL) di Balai Kota Solo, Selasa (25/6/2024).

Pemkot Solo menerima 100-an permohonan bantuan gerobak dari warga. Gibran menyerahkan langsung gerobak bantuan tersrbut kepada para pedagang. Gerobak tersebut merupakan bantuan CSR dari PT Makmur Berkah Amanda.

Baca Juga: India Jajaki Kerjasama dengan Kota Solo, Gibran Sebut Bidang AI

1. Salurkan bantuan gerobak dari CSR

Gibran Serahkan Puluhan Gerobak Dagang ke PKL di SoloWalikota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan bantuan gerobak ke PKL di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Ditemui usai acara penyerahan gerobak, Gibran mengaku jika sebelum menjabat dirinya mendapat 100-an permintaan gerobak dari para pegadangan kaki lima.

"Dulu sebelum saya menjabat Wali Kota Solo ada permintaan 100-an gerobak. Kami penuhi menggunakan APBD dan CSR,” ujar Gibran.

Lebih lanjut Gibran mengaku jika Pemkot Solo masih memiliki PR untuk memenuhi permintaan gerobak untuk usaha mikro. Pemkot Solo menyalurkan bantuan sesuai permintaan warga.

2. Ada 25 gerobak yang diberikan.

Gibran Serahkan Puluhan Gerobak Dagang ke PKL di SoloWalikota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan bantuan gerobak ke PKL di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Dikesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Solo, Erni Susiatun mengatakan sebanyak 25 gerobak diberikan daari CSR membantu Pemkot Solo. Menurutnya, ada sekitar 105 permintaan bantuan gerobak dari warga kepada Pemkot Solo.

Sebelum mendapat bantuan, Pemkot Solo telah melakukan verifikasi, antara lain warga penerima bantuan, tempat tinggal, dan jenis usaha. Para penerima bantuan gerobak rata-rata memiliki gerobak dengan kondisi yang rusak.

Pemkot Solo sendiri telah mengalokasikan anggaran untuk 20 gerobak untuk PKL di tahun ini.

“Gerobak untuk PKL membantu untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan usaha mikro khususnya PKL,” jelasnya.

3. Pedagang mengaku senang

Gibran Serahkan Puluhan Gerobak Dagang ke PKL di SoloBantuan gerobak dari Pemkot Solo untuk e PKL. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, salah satu penerima gerobak asal Banyuanyar, Solo, Rina (39) mengaku senang mendapatkan bantuan gerobak. Sebelum mendapat bantuan gerobak ia hanya berjualan di rumah dengan memanfaatkan meja dagang biasa. Dengan adanya bantuan ini, ia berencana untuk lebih bersemangat untuk mengembangkan usaha dengan berdagang secara mobile di pinggir jalan.

"Alhamdulillah senang, biasanya jualan di rumah saja, tapi kalau pakai gerobak ini bisa di dorong di depan gang jadi lebih banyak orang yang bisa membeli," ungkap penjual es dan gorengan tersebut.

 

Baca Juga: Tanggapi Pasangan Anies-Kaesang di Pilgub DKI, Gibran Doakan Hal ini

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya