Golkar Disebut Minta 5 Jatah Kabinet, Ini Respon Gibran

Ingin fokus di tanggal 20 Maret

Surakarta, IDN Times - Calon wakil presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka menanggapi merespon adanya permintaan dari Partai Golkar yang meminta jatah menteri di Kabinet Prabowo-Subianto-Gibran Rakabuming Raka usai dilantik mendatang.

Baca Juga: Ganjar Siapkan Gugatan Pemilu ke MK, Gibran: Monggo Dibuktikan

1. Ingin fokus di tanggal 20 Maret

Golkar Disebut Minta 5 Jatah Kabinet, Ini Respon GibranCawapres nomer urut 02, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Menanggapi hal tersebut Gibran enggan berkomentar banyak. Ia mengaku masih fokus pada hasil rekapitulasi di tanggal 20 Maret 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Ya nanti dibicarakan lagi ya. Kita kan sedang fokus itu lho tanggal 20 hasilnya apa. Untuk masalah menteri nanti bisa dibicarakan lagi, didiskusikan lagi," ujarnya saat ditemui di kantor Balaikota Solo, Senin (18/3/2024).

2. Sebut yang susun kabinet Pak Prabowo

Golkar Disebut Minta 5 Jatah Kabinet, Ini Respon Gibranfebrianifadilah_

Lebih lanjut, ditanya soal adakah masukan terkait nama-nama kabinet Prabowo-Gibran. Gibran tak menjawab.

"Belum. Nanti-nanti ada waktunya sendiri," ungkapnya.

Ditanya soal apakah ada campur tangan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam menentukan kabinet, Gibran menepisnya. Ia menegaskan jika susunan kabinet tersebut ditentukan oleh Prabowo Subianto.

"Belum ada pembicaraan itu. Yang nyusun ya Pak Prabowo dong," jelasnya.

3. Golkar minta jatah menteri

Golkar Disebut Minta 5 Jatah Kabinet, Ini Respon GibranMenko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Inggris untuk Indo-Pasifik Anne-Marie Trevelyan (Dok Kemenko Perekonomian)

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebutkan jika partainya minimal mendapat jatah 5 menteri dari Kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, jika nanti sudah ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden atau Pilpres 2024.

Adapun Ketua harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pernyataan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto soal porsi beringin di kabinet Prabowo-Gibran mungkin saja diwujudkan. Menurutnya, komposisi kabinet akan disesuaikan dengan kinerja dan dukungan selama Pilpres.

"Kalau ada minta jatah menteri berapa pun, itu kita lihat dari kinerja dan dukungan pada waktu Pilpres," ujarnya dalam pada Minggu (17/3/2024).

Baca Juga: Wifi Gratis di Loji Gandrung Solo, Gibran Tak Gengsi Adopsi Ide Ganjar

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya