Kenapa Survei Ganjar Turun di Jateng? Suara Pemilih Lari ke Prabowo

Imbas kritik Jokowi

Surakarta, IDN Times - Suara pemilih Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Jawa Tengah (Jateng) semakin tergerus. Survei Litbang Kompas periode 29 November - 4 Desember 2023 menyebutkan suara Ganjar - Mahfud mengalami penurunan.   

Baca Juga: Elektabilitas Anjlok di Survei Litbang Kompas, Ini Kata Ganjar-Mahfud

1. imbas kritik Jokowi.

Kenapa Survei Ganjar Turun di Jateng? Suara Pemilih Lari ke PrabowoPresiden Jokowi meresmikan Siboru Fakfak, Papua Barat dan Bandara Douw Aturure Nabire, Papua Tengah (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Menurut Pakar Psikologi Politik Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, Moh Abdul Hakim menurunnya suara Ganjar-Pranowo terlihat dari survei Litbang Kompas periode 29 November-4 Desember 2023 yang dirilis Senin (11/12/2023).

Di mana suara pasangan Ganjar-Mahfud di Jateng sebelumnya pada bulan Agustus sebesar 62%, kini potret hasil survei November-Desember merosot menjadi 31,6%. Sementara Prabowo-Gibran naik dari 19,6% menjadi 29,6%, sementara Anies-Muhaimin dari 1,6% menjadi 4,1%.

"Kenapa suara Ganjar turun, karena imbas kritik terbuka yang dialamatkan kepada Joko Widodo. Juga pemilih atau masyarakat di Jateng mulai menerima Prabowo-Gibran," terang Abdul Hakim kepada wartawan, Senin (11/12/2023).

2. Akibat akrobatik PDIP.

Kenapa Survei Ganjar Turun di Jateng? Suara Pemilih Lari ke PrabowoGanjar Pranowo blusukan ke Pasar Baru, Balikpapan (IDN Times/Istimewa)

Hakim menambahkan jika jumlah suara Ganjar dinilai sebagian besar lari ke pasangan Prabowo-Gibran sehingga naik signifikan. Termasuk angka pemilih yang masih bimbang sebesar 28%. Namun ternyata tak hanya Prabowo-Gibran, akrobat tim Ganjar juga membawa dampak ke pasangan Anies-Muhaimin.

"Yang jelas PDIP di Jateng mulai terlihat kehilangan besar. Saya menduga itu mulai terjadi di wilayah Solo Raya. Kenapa, karena masyarakatnya mengenal Jokowi secara pribadi," jelasnya.

3. Prediksi suara Ganjar makin tergerus.

Kenapa Survei Ganjar Turun di Jateng? Suara Pemilih Lari ke PrabowoKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Lebih lanjut Hakim memprediksi, suara Ganjar di Jateng bisa kian terganggu jika Prabowo-Gibran masif mendatangi kantong-kantong PDIP. Mengingat saat ini keduanya belum terlihat rajin di wilayah tersebut.

"Nanti angkanya akan berbeda lagi jika misalnya Pati, Jepara, Banyumas misalnya didatangi Prabowo-Gibran," tuturnya.

Untuk ketahui, secara nasional, Prabowo-Gibran mendapatkan 39,3 persen suara, Anies-Muhaimin meraih 16,7 persen dan Ganjar-Mahfud diposisi bontot 15,3 persen dalam survei Litbang Kompas tersebut.

Adapun survei melibatkan 1.364 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia dan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error lebih kurang 2,65 persen.

Baca Juga: Ganjar-Mahfud Posisi Buncit di Survei Litbang Kompas, Ini Reaksi TPN

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya