Mangkunegara X Mundur dari Cawali Solo, Saat KPU Buka Pendaftaran

Diganti pasangan Respati-Astrid

Surakarta, IDN Times - KGPAA Mangkunegara X atau akrab disapa Gusti Bhre secara tiba-tiba menyatakan diri untuk mundur dari kontestasi Pilkada Solo.

Ia dipastikan tidak jadi mendaftarkan diri menjadi Calon Walikota Solo ke KPU Solo.

Baca Juga: Hari Pertama Pendaftaran Pilkada Solo, KPU Masih Sepi

1. Keputusan diambil di Jakarta

Mangkunegara X Mundur dari Cawali Solo, Saat KPU Buka PendaftaranKGPAA Mangkunegara X atau Gusti Bhre blusukan ke Pasar Gedhe. (IDN Times/Larasati Rey)

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno. Ia mengatakan jika keputusan tersebut diterimanya pada Selasa (27/8/2024) malam. Saat itu Gusti Bhre dan Gibran Rakabuming Raka mengelar rapat di Jakrta.

“Dinamikanya di lapangan seperti itu baru semalam ada keputusan itu.  Karena mungkin faktor yang kita tidak tahu. Restu keluarga belum muncul dan sebagainya,” jelasnya Rabu (28/8/2024).

Lebih lanjut, Ardianto mengaku tidak mengetahui alasan pasti mundurnya Gusti Bhre, pasalnya ia tidak mengikuti jalannya rapat tersebut.

“Semalam yang memutuskan beliau berdua (Gusti Bhre dan Gibran). Kalau Partai Gerindra hanya mengikuti karena Solo, Mas Gibran masih cawe-cawe,” terangnya.

2. Munculkan pasangan Respati Adi dan Astrid

Mangkunegara X Mundur dari Cawali Solo, Saat KPU Buka PendaftaranPasangan calon Walikota dan wakil Walikota Solo dari rekomendasi PSI, KGPAA Mangkunegara X dan Astrid Widayani. (Dok/Istimewa)

Dalam rapat tersebut, Ardianto mengaku sudah ada nama yang dikeluarkan untuk penganti Gusti Bhre yakni Ketua HIPMI Solo Respati Adi dan Rektor UNSA Astrid Widayati.

"Mungkin juga ada masukan dari Gusti Bhre. Otomatis partai lain akan mengikuti. Walaupun dinamikanya ada sedikit rasa kecewa dan sebagainya pasti. Selama ini kita harus mengakui kalau yang selama ini bisa membuat kita bersatu itukan karena Gusti Bhre nomer satu,” paparnya.

Ia mengaku para partai yang tergabung dalam koalisi KIM sudah mengetahui kabar tersebut. Kendati demikian ia masih melihat ada perubahan atau dinamika politik selama masa pendaftaran.

"Mungkin muncul dinamika seperti ini ya ada rasa kecewa ada mungkin, sosok Respadi Adi mungkin ada yang kurang sependapat kan wajar namanya orang banyak dan pendapat dapat muncul demikian," ungkapnya.

3. Akan mendaftar pada hari Kamis

Mangkunegara X Mundur dari Cawali Solo, Saat KPU Buka PendaftaranKondisi kantor KPU Surakarta di hari pertama pendaftaran Cawali/Cawawali Pilkada 2024. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Ardianto mengatakan pasangan Respati-Astrid akan mendaftar ke KPU Solo pada hari Kamis (29/8/2024). Pihaknya juga akan berencana untuk melakukan pertemuan dengan paslon tersebut.

"Besuk mendaftar sambil menunggu yang lain mendukung koalisi ini. Kalau ada kecewa kita menerima.  Namanya keputusan pasti tidak bisa memuaskan semuanya. Intinya kalau untuk ketemu dengan paslon juga belum. Baru ini nanti pulang dari Jakarta kami minta waktu,” pungkasnya.

Baca Juga: Survei Fisip UNS, Gusti Bhre Calon Wali Kota Solo Paling Populer

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya