Menu Uji Coba Makan Bergizi Gratis di 3 SD Solo yang Dimulai Hari ini

Uji coba makan bergizi berlangsung 12 hari

Surakarta, IDN Times - Sebanyak tiga sekolah dasar (SD) di Kota Solo menjadi lokasi uji coba program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang menjadi program unggulan Presiden terpilih Prabowo Subianto - dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, Kamis (25/7/2024).

Ketiga sekolah tersebut yakni SD Tugu, SD Sabrang Lor, dan SD Jagalan.

Baca Juga: Diresmikan Jokowi, Pasar Jongke Solo Jadi Salah Satu Prioritas Gibran

1. Disambut antusias oleh guru dan murid

Menu Uji Coba Makan Bergizi Gratis di 3 SD Solo yang Dimulai Hari iniUji coba program makan bergizi gratis (MBG) di SD Tugu, Jebres, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Dari pantauan IDN Times di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tugu, Kecamatan Jebres, Kota Solo pelaksanaan program makan bergizi gratis digelar mulai pukul 09.00 WIB. Paket makanan yang dikirim oleh para griver Gojek tersebut dipesan dari salah satu warung milik warga yang berada tak jauh dari lokasi sekolah.

Kepala Sekolah SD Tugu, Nuning Harmin mengatakan program ada sebanyak 213 paket makanan yang dibagikan mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Pembagian makanan sendiri bagi menjadi dua sesi, untuk kelas 1 dan 2 dan juga kelas 3 hingga kelas 6.

Untuk makanan kelas 1 dan 2, pembagian makanan dilakukan langsung oleh guru kelas. Sedangkan untuk kelas 3 hingga 6 makanan diambil sendiri di area halaman sekolah.

Para siswa mengantre satu persatu paket makanan dan susu full cream kemudian dibawa ke kelas masing-masing untuk dimakan bersama. Sebelum makan, para siswa juga diwajibkan untuk melakukan cuci tangan dan doa bersama.

"Menunya sudah memenuhi kadar 4 sehat 5 sempurna, ada nasi sayur dan lauk dan susu juga ada," jelas Nuning, Kamis (25/7/2024).

2. Uji Coba berlangsung selama 12 hari

Menu Uji Coba Makan Bergizi Gratis di 3 SD Solo yang Dimulai Hari iniUji coba program makan bergizi gratis (MBG) di SD Tugu, Jebres, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Nuning program makan bergizi gratis di sekolahnya akan berlangsung selama 12 hari. Makanan yang di pilih pun sesuai dengan menu makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan yang dipesan berasal dari warung makan sekitar sekolah.

"Kalau makanannya dipesan di warung disekitar sekolah ini dipesan oleh pihak gojek langsung dan kami tinggal menerimanya," jelasnya.

"Menunya ini ada nasi, ayam tepung, sayur tumis sawi, buah pepaya, dan susu full cream," imbuhnya.

Nuning juga mengapresiasi program makan bergizi gratis ini karena bisa membantu penambahan gizi para siswa. Menurutnya, selama ini para siswa hanya makan makanan seadanya dengan menu yang cinderung menonton.

"Kalau biasanya itu membawa makan ya nasi lauknya telur atau sosis gitu saja tidak ada sayurnya. Dan juga sering jajan makanan ringan. Ini terima kasih bisa dikasih sayur dan buah sehingga menambah gizi siswa-siswi SD Tugu ini," ungkapnya.

3. Para siswa mengaku senang

Menu Uji Coba Makan Bergizi Gratis di 3 SD Solo yang Dimulai Hari iniUji coba program makan bergizi gratis (MBG) di SD Tugu, Jebres, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu salah seorang siswa kelas 1, Ryeon mengaku senang bisa mendapat makanan di sekolah. Ia mengaku paling suka makan ayam yang disajikan.

"Enak, paling suka ayamnya, tapi sayurnya pedas," jelasnya.

Selain SD Tugu, terdapat dua sekolah lain yang menjadi lokasi uji coba program makan bergizi gratis yakni di SD Sabrang Lor sebanyak 180 paket dan SD Jagalan sebanyak 100 paket.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya