PDIP Solo Daftarkan Teguh Prakosa-Bambang Nugroho di Menit Akhir

Daftar di KPU pukul 23.00 WIB

Surakarta, IDN Times - DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kota Solo secara resmi mendaftarkan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota peserta Pilkada 2024 yakni Teguh Prakosa-Bambang Nugroho atau Bambang Gage ke KPU Solo, Kamis (29/8/2024) malam.

Baca Juga: Teguh-Bambang, Calon dari PDIP Solo Diumumkan Injury Time

1. Gelar kirab berjalan dari DPC PDIP ke KPU Solo

PDIP Solo Daftarkan Teguh Prakosa-Bambang Nugroho di Menit AkhirPaslon cawali dan cawawali di Pilkada Solo, Teguh Prakosa-Bambang Gage mendaftar ke KPU Solo. (Dok/DPC PDIP Solo)

Pendaftaran sendiri didampingi langsung oleh Kantor DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo, ketiganya Mengenakan kostum baju lurik dan caping. Tak hanya itu, ribuan simpatisan datang bahkan terdapat atraksi watang dan punakawan.

Teguh-Bambang sendiri berangkat dari sekretariat partai di Brengosan, Purwosari, sekitar pukul 21.30 WIB dengan berjalan kaki dan tiba di KPU pukul 23.05 WIB.

Ketua Tim Pemenangan Pilkada PDIP Solo, YF Sukasno, mengatakan pendaftaran ke KPU Solo dilakukan dengan berjalan kaki dari kantor DPC PDIP Solo. Hal ini mengandung maksud filosofi Jawa, bahwa dalam menghadapi permasalahan, maka orang tua akan meluapkan rasa prihatinnya dengan berjalan kaki di malam hari sambil berdoa.

Jalan kaki sendiri ada cucuk lampah, Kyai Brodronoyo, Semar, Gareng, Petruk dan Bagong. Selain itu juga ada prajurit keraton atau Bregodo 17 yang berjumlah 17 orang, Bregodo 8 dan Bregodo 45. Itu akan menyimbolkan angka keramat 17-8-45.

"Kami dari Kantor DPC PDIP ke KPU dengan berjalan kaki. Sekitar 3 km," ujarnya.

2. Paslon Teguh-Bambang atas rekomendasi Megawati

PDIP Solo Daftarkan Teguh Prakosa-Bambang Nugroho di Menit AkhirPaslon cawali dan cawawali di Pilkada Solo, Teguh Prakosa-Bambang Gage mendaftar ke KPU Solo. (Dok/DPC PDIP Solo)

Usai pendaftaran FX Rudy mengatakan jika dipilihnya Teguh-Bambang ini sudah melalui proses pertimbangan oleh DPP PDIP. Termasuk munculnya nama Bambang Nugroho yang tidak mendaftar saat penjaringan serta tidak mengikuti fit and proper test.

“Ya tentu sudah melalui proses. Mbak Mega sudah memilih mereka, berarti pilihan yang dianggap bisa memenangkan kompetisi kan,” katanya.

Ditanya soal target perolehan suara, FX Rudy mengaku jika tidak memasang target. Menurutnya, yang lebih penting bisa memenangi kontestasi Pilkada 2024. Terlebih keduanya merupakan kader partai, dimana Teguh sebagai Sekretaris DPC, sementara Bambang merupakan pengurus badan/departemen di PDIP.

“Sebagai kader partai saya selalu sampaikan di awal, 20 bakal calon ini lah yang kami serahkan ke DPP. Tapi ada juga pendaftaran di DPD dan DPP. Saya enggak tahu. Apapun yang diputuskan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, wajib untuk dilaksanakan. Hukumnya wajib untuk saya lakukan dan kita menangkan,” ungkapnya.

3. Para paslon akan jalani cek kesehatan pada Sabtu

PDIP Solo Daftarkan Teguh Prakosa-Bambang Nugroho di Menit AkhirPaslon cawali dan cawawali di Pilkada Solo, Teguh Prakosa-Bambang Gage mendaftar ke KPU Solo. (Dok/DPC PDIP Solo)

Sementara itu, Ketua KPU Solo Bambang Christanto mengatakan usai melakukan pendaftran para calon walikota dan wakil walikota Solo tersebut menjalani test kesehatan yang rencananya akan digelar pada Sabtu (31/8/2024) di RSUD Dr Moewardi, Solo.

Ia juga menjelaskan jika pada pandaftaran di hari terakhir terdapat dua paslon yang mendaftar yakni paslon Respati Ardi - Astrid Widayani yanh diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus yakni dari Partai Nasdem, PKS, PAN, PKB, Golkar, Partai Gerakan Indonesia Raya, PPP, Partai Demokrat, Perindo, PSI dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia.

"Tadi ada 11 parpol yang ikut tandatangan pasangan Respati dan mbak Astrid," ungkapnya. Dan dimalam hari ada pasangan Teguh Prakosa - Bambang Gage dari PDIP.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya