Peringati HPN, PWI Solo Gelar Malam Tirakatan

Digelar secara sederhana

Surakarta, IDN Times - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta mengelar acara Malam Tirakatan, yang juga merupakan kick off peringatan HPN di Solo.

Malam Tirakatan sebagai peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 yang jatuh pada tanggal 9 Februari, digelar di Monumen Pers.

Baca Juga: HPN 2024 Bakal Digelar di Jakarta, Bahas Transisi Kepemimpinan

1. Digelar secara sederhana.

Peringati HPN, PWI Solo Gelar Malam TirakatanAnas Syahirul, Ketua PWI Surakarta. ( IDN Times/Larasati Rey)

Kegiatan Malam Tirakatan tersebut dihadiri oleh awak media dan sejumlah kolega. Nampak hadir Kepala BI Solo, Kapolresta Surakarta, Kepala MPN, tokoh masyarakat dari PMS, ketua HIPMI, sejumlah Rektor di Soloraya, perwakilan Korem 074/Warastratama, Kodim Sukoharjo, sejumlah GM Hotel di Solo dan tentunya awak media yang bertugas di Solo Raya.

"Tirakatan digelar malam menjelang HPN sebagai ajang refleksi diri kami para insan pers, sejak berdiri tahun 1946 kami terus berupaya mengambil peran dalam kemajuan bangsa Indonesia," ungkap Anas Syahirul, Ketua PWI Surakarta," Kamis (9/2/2024).

2. Sejumlah agenda HPN.

Peringati HPN, PWI Solo Gelar Malam TirakatanPeringatan Hari Pers Nasional oleh PWI Surakarta. (Dok/Istimewa).

Acara Malam Tirakatan, tersebut merupakan kick off peringatan HPN di Solo. Selain doa bersama, puncak acara juga ditandai dengan potong tumpeng, penyerahan simbolis aksi sosial bagi keluarga besar PWI yang berkekurangan dan penyerahan buku keris kepada tokoh masyarakat Solo.

"Refleksi dan sinergitas terus kita pupuk baik dalam tubuh PWI termasuk menjalin kerjasama dengan banyak pihak untuk meningkatkan profesionalisme jurnalis," jelasnya Anas.

Adapun agenda kegiatan merangkai HPN yang digelar PWI Surakarta antara lain tali kasih kerjasama dengan Baznas Surakarta, pelatihan jurnalistik, sarasehan kemitraan pers, talk show Insan Pers Menjawab Tantangan Zaman di salah satu TV lokal dan lainnya. 

3. Peran steakholder dalam perkembangan pers.

Peringati HPN, PWI Solo Gelar Malam TirakatanPeringatan Hari Pers Nasional oleh PWI Surakarta. (Dok/Istimewa).

Anas, mengatakan HPN tahun ini digelar dengan sederhana, hal ini karena bertepatan dengan momen pemilu, hingga kegiatan dilakukan dengan aksi terbatas dan indoor.

"Tidak mengurangi rasa syukur atas HPN tahun ini. Tapi esensinya tetap aksi kami insan pers untuk menjadikan pers kuat mendukung Pemilu bermartabat, sesuai dengan tema besar HPN," katanya.

Kegiatan HPN selalu mendapat dukungan sejumlah tokoh dan pengusaha, salah satunya pengusaha nasional yang bergerak bidang kuliner Puspo Wardoyo yang menyampaikan dukungan dan ucapan selamat dan semangat untuk pers Indonesia.

"Pers kuat, selamat dan sukses," pesan Puspo Wardoyo. Dukungan dari Puspo tidak lepas dari sejarah kesuksesan bisnis kuliner Puspo Wardoyo yakni dengan brand Ayam Bakar Wong Solo tidak lepas dari peran wartawan," pungakasnya.

Baca Juga: Puncak HPN 2023 di Medan, Presiden Jokowi Hadir Beri Sambutan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya