Persiapan PEPARNAS XVII 2024 di Solo, NPC Tunggu Pencairan Anggaran

Persiapan sudah 80 persen

Surakarta, IDN Times - Persiapan Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo Jawa Tengah 2024 telah mencapai 80 persen. National Paralympic Committee (NPC) Indonesia juga sudah menyampaikan laporan kebutuhan kepada Presiden Joko Widodo.

PEPARNAS XVII Tahun 2024 akan terpusat di Kota Solo dan beberapa kota di Soloraya dan mulai tanggal 6 Oktober hingga 13 Oktober 2024 mendatang. Ada 20 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dengan membuka lebih dari 700 nomor pertandingan.

1. Masih menunggu kejelasan anggaran

Persiapan PEPARNAS XVII 2024 di Solo, NPC Tunggu Pencairan AnggaranLaunching logo dan maskot Peparnas 2024 XVII di Kota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Kendati demikian, hingga 20 hari menjelang Peparnas, Ketua Umum National Paralimpic Committee (NPC) Indonesia , Senny Marbun mengaku jika masih belum ada kejelasan anggaran terkait pelaksanaan ajang olahraga skala nasional tersebut.

"Kalau anggaran yang turun berapa, belum berani omong. Kalau di proposal yang kami ajukan sekitar Rp426 miliar," jelasnya Sabtu (14/9/2024).

Saat ini sudah ada 3.100 atlet dan 1.500 official yang mendaftar untuk mengikuti Peparnas di Solo. Pengurus Besar (PB) Peparnas pun telah berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk menerbitkan Surat Edaran (SE) ke seluruh provinsi, agar mereka menggeser anggarannya untuk mengirimkan kontingen ke Peparnas. Selain itu juga bagi atlet peraih medali mendapat penghargaan setara dengan peraih medali di PON.

2. Persiapan sudah 80 persen

Persiapan PEPARNAS XVII 2024 di Solo, NPC Tunggu Pencairan AnggaranKetua Pelaksana PB PEPARNAS XVII DB Susanto. (IDN Times/Larasati Rey)

Ketua Pelaksana PEPARNAS XVII, D.B. Susanto, memastikan segala persiapan masih berjalan sesuai perencanaan.

"PB PEPARNAS XVII sudah melaksanakan kegiatan persiapan dan sudah hampir 80 persen," katanya.

Salah satu hal yang masih dinantikan PB PEPARNAS XVII ialah besaran dana yang diberikan pemerintah pusat. Saat ini, PB PEPARNAS XVII dengan semangat mematangkan kesiapan meski belum mengetahui berapa persentase dana yang disetujui dari total kebutuhan yang diajukan.

"Kalau dibutuhkan untuk merasionalisasi anggaran kami siap, tetapi jangan sampai pengurangannya tidak proporsional," tutur D.B. Susanto.

Dengan sisa waktu yang hanya 20 hari, PB PEPARNAS XVII memastikan kesiapan seluruh venue yang akan digunakan telah mendekati 100 persen.

3. Ada 20 cabor yang dilombakan

Persiapan PEPARNAS XVII 2024 di Solo, NPC Tunggu Pencairan AnggaranJumpa pers PEPARNAS VXII 2024 di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Event Peparnas menjadi ajang mencari bibit atlet baru yang akan diasah untuk ke depannya.

"PEPARNAS ini memang yang kita tunggu-tunggu, karena dari sinilah kita akan mencari atlet yang bisa kita asah kedepannya, untuk bisa mengharumkan nama bangsa dan negara," ucap Senny Marbun.

20 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PEPARNAS XVII Tahun 2024 adalah Para Panahan, Para Atletik, Para Bulu Tangkis, Boccia, Para Catur, Para Balap Sepeda, Sepak Bola CP (Cerebral Palsy), Para Tenis Meja.

Lalu ada Judo Tunanetra, Para Angkat Berat, Para Menembak, Para Renang, Para Taekwondo, Voli Duduk,Tenpin Bowling, Anggar Kursi Roda dan Tenis Kursi Roda. Dua cabor lain, Para E-Sport dan Basket Kursi Roda berstatus ekshibisi.

Baca Juga: 17 Venue Disiapkan Untuk 20 Cabor PEPARNAS VXII Solo

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya