Prabowo Dapat Kenaikan Pangkat Jenderal Kehormatan, ini Kata Gibran

Usai mendapat kenaikan pangkat

Surakarta, IDN Times - Calon wakil presiden (cawapres) nomer urut 2, Gibran Rakabuming Raka akan memberikan selamat kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto atas pemberian anugerah sebagai Jenderal Kehormatan dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Prabowo yang berstatus purnawirawan TNI AD dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal itu mendapat pangkat Jenderal kehormatan.

Baca Juga: Prabowo Terima Penganugerahan Jenderal Bintang 4 dari Presiden Jokowi

1. Akan mengucapkan selamat

Prabowo Dapat Kenaikan Pangkat Jenderal Kehormatan, ini Kata GibranWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Ditemui di kantor Balaikota Solo, Rabu (28/2/2024) Walikota Solo tersebut mengaku akan memberikan selamat kepada Prabowo Subianto.

"Ya nanti ngucapin ya, makasih," ujar Gibran kepada awak media.

2. Mengaku tak melihat pelantikan

Prabowo Dapat Kenaikan Pangkat Jenderal Kehormatan, ini Kata GibranPresiden Jokowi memberi kenaikan pangkat ke Prabowo Subianto. (Youtube/Kemenhan RI)

Ditanya lebih lanjut apakah dirinya menyaksikan pemberian anugerah kepada Prabowo secara daring, Gibran mengaku tidak melihatnya. Saat pelantikan tersebut Ia mengaku sedang melakukan pengecekan sejumlah pembangunan di Kota Solo.

"Enggak, enggak aku bar ngecek Keraton," jelasnya kemudian masuk ke dalam ruangan.

3. Kenaikan pangkat merupakan hal yang biasa

Prabowo Dapat Kenaikan Pangkat Jenderal Kehormatan, ini Kata GibranPresiden Jokowi memberi kenaikan pangkat ke Prabowo Subianto. (Youtube/Kemenhan RI)

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan kenaikan pangkat untuk Menhan Prabowo Subianto dari purnawirawan jenderal bintang tiga menjadi jenderal bintang empat kehormatan. Pemberian anugerah tersebut menurut Jokowi dilakukan setelah terselenggaranya Pemilu 2024 pada 14 Februari lalu.

Pemberian kenaikan pangkat ini, dilakukan justru untuk mencegah adanya anggapan atau penilaian dari masyarakat bahwa penganugerahan itu berkaitan dengan transaksi politik yang dilakukan keduanya.

Menurut Presiden Jokowi mengatakan jika, pemberian kenaikan pangkat ini merupakan hal yang biasa di lingkup TNI-Polri. Seperti sebelumnya, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan penganugerahan kepada Luhut Binsar Pandjaitan.

"Bukan hanya sekarang ya, dulu diberikan kepada bapak SBY, juga pernah diberikan kepada Pak Luhut Binsar. Ini sesuatu yang sudah biasa di TNI maupun di Polri," kata Jokowi.

Baca Juga: Beri Prabowo Pangkat Jenderal Kehormatan, Jokowi: Usulan Panglima TNI

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya