Resmikan Pasar Jongke, Jokowi Puji Proyek Prioritas Gibran

Mengaku pasarnya seperti mall

Surakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan pujian pada bangunan baru Pasar Jongke, Solo usai direhab oleh pemerintah pusat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Jokowi saat meresmikan rehabilitasi Pasar Jongke, Solo, Sabtu (27/7/2024). Pasar Jongke sendiri merupakan salah satu 17 proyek prioritas Walikota Gibran Rakabuming Raka saat menjabat.

Baca Juga: Diresmikan Jokowi, Pasar Jongke Solo Jadi Salah Satu Prioritas Gibran

1. Puji bangunan Pasar Jongke

Resmikan Pasar Jongke, Jokowi Puji Proyek Prioritas GibranBangunan Pasar Jongke, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam peresmian tersebut, Jokowi sempat melontarkan pujian terhadapan bangunan dan fasilitas Pasar Jongke yang saat ini jauh berbeda dengan sebelumnya.

sempat bertanya kepada warga apakah sebelumnya pernah menginjak pasar tersebut. Jika pernah, maka warga diminta untuk membandingkan kondisi pasar jongke sekarang dengan zaman dahulu. Dimana sebelumnya setiap hujan lebat, kawasan pasar kerap dilanda banjir. Jokowi juga bertanya kepada para pedagang dan pengujung yang hadir tentang kondisi Pasar Jongke sekarang.

"Dan sekarang lebih bagus atau lebih ? Saya sendiri juga kaget lihat pasar kaya gini, menurut saya mall saja kalah," puji Jokowi.

Jokowi, juga mengatakan jika fasilitas pasar yang terpenting adalah ruang parkirnya, baik parkir sepeda motor maupun mobil. Sehingga para pembeli merasa aman dan nyaman berbelanja di pasar.

2. Titip pesan ke pedagang

Resmikan Pasar Jongke, Jokowi Puji Proyek Prioritas GibranPresiden Jokowi resmikan Pasar Jongke, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Jokowi juga menitipkan pesan kepada para pedagang agar menjaga kebersihan pasar, dan melayani para pembeli dengan baik.

"Dan yang paling penting saya minta pasar ini betul-betul dijaga dengan baik kebersihannya, hegienis nya, jangan sampai kotor dan bau, karena saya tadi masuk ke dalam betul-betul manajemennya di dalamnya sangat baik," kata Jokowi.

"Kemudian para pedagang juga bisa melayani konsumennya dengan baik, dengan ramah, kalau ibu-ibu pedagang kalau mau berangkat ke pasar dandan dulu, biar konsumen nya seneng," sambung Jokowi.

3. Pedagang mengaku senang

Resmikan Pasar Jongke, Jokowi Puji Proyek Prioritas GibranBangunan Pasar Jongke, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Jokowi menegaskan bahwa pasar adalah pusat ekonomi rakyat. Semua barang, semua komoditas yang dihasilkan oleh para petani, nelayan, pengrajin, semuanya berkumpul bareng-bareng di pasar rakyat yang dimiliki.

"Dan hari ini kita akan meresmikan Pasar Jongke," kata Jokowi.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim kepada pagi hari ini saya resmikan rehabilitasi Pasar Jongke seluas 29.000 yang menghabiskan anggaran Rp124 miliar rupiah di Kota Surakarta provinsi Jawa Tengah, saya resmikan terima kasih," kata Jokowi sembari menekan tombol peresmian.

Pasar Jongke berdiri di lahan 17.414 meter persegi. Dengan waktu pelaksanaan pekerjaan mulai bulan Juli 2023 hingga Juli 2024. Pasar Jongke menampung sebanyak 1.000 an pedagang.

Sementara itu salah seorang pedagang Pasar Jongke Sri mengaku senang bisa menampati lokasi pasar yang baru dan memiliki fasilitas yang lebih bagus.
"Ini alhamdulillah sekali pasarnya bagus, tidak banjir lagi," ungkapnya.

Baca Juga: Gibran Tinjau Makan Bergizi Gratis di Solo, Siap Terima Masukan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya