TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Bangun Rumah Pakai Jasa Kontraktor, Biar Gak Kena Tipu

Biaya bisa disesuaikan dengan dompet kamu

Ilustrasi membangun rumah. (dok. Mitrabangun.id)

Semarang, IDN Times - Saat memiliki rencana membangun atau merenovasi rumah kamu perlu mempertimbangkan sejumlah hal. Tidak hanya menyiapkan biaya tapi juga memutuskan kepada siapa yang akan mengerjakan proyek tersebut.

Baca Juga: Meski Saldo Nol Rupiah Pekerja Ojol Masih Bisa Tidur Nyenyak di Rumah KPR

1. Konsultasikan dulu rencana pembangunan pada kontraktor

Ilustrasi membangun rumah (dok. Mitrabangun.id)

Buat kamu yang tidak suka repot, menggunakan jasa perusahaan konstruksi atau kontraktor bisa jadi pilihan untuk membangun rumah impian. Agar kamu tidak bingung apa saja yang perlu disiapkan saat menggunakan jasa kontraktor, berikut tips dari perusahaan konstruksi Mitrabangun.id.

Menurut Direktur Utama Mitrabangun.id, Farans Thaariq, pemilik rumah bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu ke perusahaan konstruksi terkait rencana pembangunan atau renovasi.

“Kami membuka konsultasi gratis antara klien dengan arsitek dan tim sipil profesional. Upaya ini agar kami bisa mewujudkan ekspektasi dari klien hingga menjadi desain dan dapat diterapkan dalam pembangunan rumah nantinya,” ungkapnya, Selasa (14/2/2023).

2. Jangan ada rahasia soal RAB

Desain rumah yang akan dibangun Mitrabangun.id (dok. Mitrabangun.id)

Kemudian, saat akan membangun atau merenovasi rumah antara klien dan kontraktor perlu mengedepankan keterbukaan dalam setiap proses. 

Farans menuturkan, keterbukaan itu mulai dari rancangan anggaran belanja (RAB) hingga sistem pembayaran.

"RAB tidak bersifat rahasia sehingga kedua belah pihak (penyedia jasa dan pelanggan) bisa mendiskusikannya secara terbuka," katanya.

3. Tanyakan soal garansi

Ilustrasi pekerja konstruksi (pexels.com/Anamul Rezwan)

Selain itu, lanjut dia, perkiraan biaya pembangunan bisa menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran dan keinginan pemilik rumah. Adapun, setelah bangunan atau rumah jadi, Mitrabangun.id tidak lepas tangan begitu saja.

"Untuk para pelanggan, kami berikan garansi tukang 10 tahun untuk pekerjaan tertentu dan harga bangunan per meter persegi yang relatif terjangkau," tambahnya.

Salah satu pelanggan Mitrabangun.id, Alfi mengatakan bahwa renovasi yang dilakukan di rumahnya berjalan lancar, rapi dan tidak merepotkan.

"Yang penting apa yang kami mau disampaikan saja, terus semuanya akan dikerjakan dengan bagus dan rapi," katanya.

Baca Juga: PPN Jadi 11 Persen, Pengembang Properti Semarang Naikkan Harga Rumah 

Berita Terkini Lainnya