TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cek! Jadwal Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 6--11 Tahun di Semarang

Yuk, siap-siap ya buat anak-anak di Semarang

Ilustrasi pelajar mengikuti vaksinasi. (Istimewa)

Semarang, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6--11 tahun di Kota Semarang akan dimulai pada 21 Desember 2021. Pemerintah Kota Semarang membutuhkan 100 ribu dosis vaksin untuk melaksanakan vaksinasi bagi siswa sekolah dasar (SD) tersebut. 

Baca Juga: 156 Ribu Pelajar Semarang Sudah Vaksinasi, Dinas Minta Jam PTM Tambah

1. Pemkot Semarang butuh 100 ribuan vaksin COVID-19

ilustrasi Vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam mengatakan, saat ini pihaknya sedang menunggu kiriman vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Adapun, vaksinasi COVID-19 anak ini menggunakan vaksin Sinovac.

‘’Kami membutuhkan 100 ribuan dosis, hanya saja sekarang vaksinnya belum datang,’’ ungkapnya, Selasa (14/12/2021).

2. Dinkes Semarang juga laksanakan vaksinasi BIAS

Murid SD Negeri Kaliasin V mengantre untuk divaksin saat pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/10/2020). ANTARA FOTO/Moch Asim

Sesuai rencana, nantinya vaksinasi akan dilakukan di sekolah, puskesmas, dan rumah sakit. Untuk pelaksanaan di sekolah akan dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan. Sedangkan, pelaksanaan vaksin kedua akan disuntikkan setelah 28 hari dari vaksin pertama.

‘’Secara prinsip kami sudah siap termasuk SDM-nya untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19 usia 6--11 tahun. Sehingga, kami juga meminta kepada masyarakat untuk ikut menyukseskan percepatan vaksinasi nasional ini. Hal ini dilakukan demi menghindari penularan COVID-19 di lingkungan sekolah saat pembelajaran tatap muka, selain tetap menerapkan disiplin prokes,’’ jelas Hakam.

Sembari menunggu stok vaksin datang, Dinkes Kota Semarang saat ini juga sedang menyelesaikan proses vaksinasi bulan imunisasi anak sekolah (BIAS). Perbedaan pelaksanaan vaksinasi BIAS dengan COVID-19 ini untuk mengantisipasi jika terjadi KIPI bisa diklasifikasikan KIPI BIAS atau KIPI vaksin COVID-19.

Baca Juga: 5 Lokasi Vaksinasi buat Pelajar di Semarang, Ini Daftar dan Syaratnya

Berita Terkini Lainnya