TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jumlah Penerbangan Berkurang, Permintaan Avtur Anjlok Hingga 72 Persen

Penurunan tertinggi di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta

Pengisian Avtur ke pesawat. Dok. Pertamina MOR IV Jateng-DIY

Semarang, IDN Times - Permintaan bahan bakar pesawat yaitu Avtur mengalami penurunan drastis hingga 72 persen. Kondisi itu merupakan dampak dari berkurangnya jumlah penerbangan selama pandemi virus corona (COVID-19). 

Baca Juga: Marak Virus Corona, Tenang! Stok BBM dan LPG di Jateng Kondisi Aman

1. Permintaan di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta terendah

Penampakan sejumlah pesawat yang parkir di runway. Dok. Humas Bandara Ahmad Yani

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV, Anna Yudhiastuti mengatakan, penurunan terjadi sejak bulan Maret 2020. Adapun, penurunan tertinggi di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta.

‘’Sebelum pandemi ini, rata-rata permintaan Avtur di bulan Februari di bandara tersebut sebanyak 180 Kiloliter (KL) per hari, namun saat ini hanya berkisar antara 20-50 KL per hari,’’ ungkapnya melalui keterangan resmi yang diterima IDN Times, Jumat (17/4).

2. Imbas dari berkurangnya penerbangan saat COVID-19

Pembatasan operasi di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sedangkan, di beberapa lokasi lainnya seperti di Bandara Ahmad Yani Semarang dan Bandara Adi Soemarmo Boyolali, terjadi penurunan masing-masing sekitar 50 persen dari rata-rata harian di bulan Februari 2020 masing-masing sebesar 100 KL dan 45 KL menjadi 50 KL dan 20 KL per hari di bulan April ini. 

“Penurunan terjadi imbas berkurangnya penerbangan di masing-masing bandara yang terdapat di wilayah Pertamina MOR IV yaitu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta,’’ katanya.

Baca Juga: Efek #DiRumahAja, Konsumsi BBM di Jawa Tengah Menurun

Berita Terkini Lainnya