TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KPU Mulai Terima Logistik untuk Pilkada Kota Semarang 2024

Tinta dan kabel ties datang lebih dulu

Sejumlah logistik untuk Pilkada Kota Semarang 2024 sudah tiba di Gudang KPU Kota Semarang. (dok. KPU)

Intinya Sih...

  • KPU Kota Semarang menerima tinta dan kabel ties untuk Pilkada Serentak 2024.
  • Logistik lainnya seperti kotak suara, bilik suara, surat suara, dan formulir masih dalam proses persiapan.
  • Seluruh logistik diharapkan tiba di gudang pada awal November dan akan disimpan di gudang kecamatan dan kelurahan.

Semarang, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang mulai menerima logistik untuk kebutuhan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Pada tahap pertama, tinta dan kabel ties sudah tiba di Gudang KPU Kota Semarang. 

1. Tinta dan kabel ties sudah tiba di gudang

Pada Rabu (26/9/2024), KPU sudah menerima 4.716 buah atau 95 dos tinta dari PT Sinar Abadi Pritindo. Kemudian, Jumat (27/9/2024), sebanyak 28.296 kabel ties dari PT Locis Segel Indonesia sudah diterima KPU.

Ketua KPU Kota Semarang, Ahmad Zaini mengatakan, sejumlah logistik sudah diterima pihaknya. Selanjutnya, akan menyusul lima logistik lainnya yang sudah tanda tangan kontrak.

‘’Lima jenis logistik yang sudah tanda tangan kontrak akan menyusul, yakni bilik suara, kotak suara, kabel ties, tinta, dan segel. Sesuai rencana, kotak suara dan bilik suara akan datang pada awal Oktober,’’ ungkapnya, Sabtu (28/9/2024).

Baca Juga: Potensi Kerawanan Netralitas ASN Tinggi di Pilwakot Semarang 2024

2. Seluruh logistik tiba pada awal November

Adapun, logistik seperti surat suara dan formulir dalam proses persiapan. Misalnya, surat suara masih menunggu persetujuan. Kemudian, untuk proses cetak dilakukan akhir Oktober atau awal November.

"Surat suara akan dicetak berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Formulir berdasarkan PKPU. Surat suara dan formulir masih dalam bentuk desain," ujar Zaini.

Adapun, seluruh logistik akan tiba di gudang pada awal November. Selanjutnya, KPU akan melakukan pengemasan. Sedangkan, saat ini kesiapan gudang untuk menampung logistik pilkada masih 50 persen.

Berita Terkini Lainnya