TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Marak Kebakaran, Camat dan Lurah Diminta Petakan Lahan Kering di Semarang

Sudah 138 kasus kebakaran di Semarang

Ilustrasi kekeringan. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang mengupayakan pencegahan kebakaran di Ibu Kota Jawa Tengah. Salah satunya dengan melakukan pendataan dan memetakan lahan kering di masing-masing kecamatan hingga kelurahan. 

Baca Juga: Duh! Musim Kemarau, Sering Kebakaran Ilalang dan Rumput di Semarang

1. Minta lahan kosong dibersihkan

Ilustrasi kekeringan (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, ini untuk mengantisipasi persoalan kebakaran lahan kosong. Jika ditemukan lahan kosong yang ditumbuhi ilalang serta rumputnya mengering pihaknya menginstruksikan untuk segera dilakukan pembersihan.

“Pak Lurah dan Pak Camat kami minta untuk data dan membuat surat imbauan di wilayahnya yang memiliki lahan kosong agar dilakukan pembersihan. Maksudnya kalau lahan terbebas dari alang-alang kering, harapannya terhindar dari ancaman kebakaran,” ungkapnya usai Rapat Koordinasi Kewaspadaan Wilayah Terhadap Bencana Kebakaran di Balai Kota Semarang, Senin (9/10/2023).

2. Ratusan kasus kebakaran sulitkan petugas damkar

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api di TPA Jatibarang Semarang, Sabtu (7/10/2023). (IDN Times/bt)

Berdasarkan data dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, sepanjang tahun 2023 dari 138 kasus kebakaran, mayoritas objek yang terbakar adalah lahan kosong.

“Ratusan kasus kebakaran yang terjadi di Kota Semarang pada kemarau tahun ini, memang menyulitkan petugas Damkar. Apalagi jika terjadi beberapa kasus kebakaran yang waktunya bersamaan,” katanya.

Adapun, lanjut dia, yang terjadi saat ini kebakaran di TPA Jatibarang membuat para petugas Damkar harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk segera menuntaskan masalah itu. Maka, jika ada kasus kebakaran di waktu yang sama, akan membuat konsentrasi pemadaman TPA Jatibarang menjadi terhambat.

Baca Juga: Warga Keluhkan Sesak Nafas dari Asap Kebakaran TPA Jatibarang

Berita Terkini Lainnya