TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Peminat Membludak, 43 Ribu Calon Siswa Daftar PPDB SD di Semarang

Masih banyak ortu siswa kurang paham sistem jalur PPDB

Dinas Pendidikan Kota Semarang membuka Posko Pengaduan PPDB 2024 untuk jenjang SD dan SMP. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Intinya Sih...

  • Jumlah calon siswa TK dan SD yang mendaftar pada PPDB Kota Semarang 2024 melampaui target tahun sebelumnya.
  • Data Dinas Pendidikan Kota Semarang: pendaftar SD 14.503 calon siswa dari daya tampung 43.413 kursi, pendaftar TK 538 calon siswa dari daya tampung 410 kursi.
  • Tingkat partisipasi dalam pelaksanaan PPDB tahun ini tinggi dibanding tahun sebelumnya, namun masih banyak orang tua yang kurang paham sistem jalur PPDB.

Semarang, IDN Times - Jumlah calon siswa jenjang TK dan SD yang mendaftar pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) Kota Semarang 2024 membludak. Tingkat partisipasi pendaftar tersebut melampaui target atau meningkat dibandingkan PPDB tahun ajaran sebelumnya.

1. Tingkat partisipasi pendaftar tinggi

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Semarang, jumlah pendaftar SD sebanyak 14.503 calon siswa dari daya tampung 43.413 kursi. Sementara, jumlah pendaftar TK sebanyak 538 calon siswa dari daya tampung 410 kursi.

Sekretaris PPDB Kota Semarang, Fajriah mengatakan, tingkat partisipasi dalam pelaksanaan penerimaan siswa baru tahun ini tinggi dibanding tahun sebelumnya.

"Partisipasi dari masyarakat memang selalu besar dari tahun ke tahunnya. Tetapi kalau dilihat lebih tinggi tahun ini," ungkapnya, Senin (24/6/2024).

Baca Juga: Gaptek, Ortu Calon Siswa Datangi ke Sekolah di Hari Pertama PPDB

2. Proses PPDB berjalan lancar

Untuk diketahui, seluruh rangkaian proses PPDB jenjang TK dan SD tahun ini berjalan lancar. Meski terdapat kendala, Dinas Pendidikan Kota Semarang dapat melayani dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat.

"Kami sudah memberikan layanan terbaik sesuai regulasi yang ada, dan semuanya terlayani walaupun ada permasalahan-permasalahan di dalamnya. Persoalan itu di antaranya kurang pahamnya orang tua terkait sejumlah jalur penerimaan dalam PPDB 2024, yakni jalur zonasi, mutasi, afirmasi, dan mutasi,’’ jelas Fajriah.

Berita Terkini Lainnya