TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daop 5 Purwokerto Peringati Hari Jadi KAI ke 79, Komitmen 2 Hal Ini

Keselamatan dan kelestarian lingkungan jadi perhatian

Kai masuki tahun ke 79, nampak jajaran daop 5 purwokerto tengah upacara dengan layar belakang kereta kuno dan prioritas keselamatan dan kelestarian kelestarian terutama lingkungan, Sabtu (28/9/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Intinya Sih...

  • KAI Daop 5 Purwokerto memperingati hari jadinya yang ke-79 dengan tema "Safety and Sustainability" dihadiri oleh seluruh jajaran dari berbagai divisi.
  • Konsep Safety and Sustainability mencerminkan komitmen KAI dalam keselamatan, keamanan, kenyamanan, serta ketepatan waktu dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar.
  • KAI Daop 5 Purwokerto aktif mendukung upaya pengurangan sampah plastik, penanaman pohon, penerapan operasi ramah lingkungan, serta transformasi digital dalam layanan kereta api.

Banyumas, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto memperingati hari jadinya yang ke-79 di halaman kantor operasional yang terletak di Jalan Sudirman, Purwokerto, pada Sabtu (28/9/2024). Seluruh jajaran dari berbagai divisi tampak mengikuti acara tersebut dengan khidmat.

Puluhan karangan bunga sebagai bentuk apresiasi dan ucapan selamat dari berbagai pihak juga terlihat memenuhi halaman kantor Daop 5 Purwokerto, yang mengusung tema "Safety and Sustainability."

"Daop 5 Purwokerto mengajak masyarakat untuk senantiasa menggunakan kereta api sebagai transportasi massal yang mengutamakan keselamatan, keamanan, kenyamanan, serta ketepatan waktu," ujar Vice President KAI Daop 5 Purwokerto, Gun Gun Gunawan, kepada IDN Times, Sabtu (28/9/2024).

1. Pengembangan infrastruktur berkelanjutan

Gun Gun Gunawan saat menjelaskan infrastruktur berkelanjutan sambil memamerkan lima jari simbol 5 etos kerja di lingkungan daop 5 purwokerto, Sabtu (28/9/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Gun Gun lebih lanjut menjelaskan bahwa konsep Safety and Sustainability merepresentasikan komitmen KAI dalam menempatkan keselamatan sebagai prioritas utama dalam setiap operasional kereta api, yang mencakup keamanan penumpang, barang, serta lingkungan sekitar.

Dengan dukungan inovasi dan teknologi terbaru, KAI terus berupaya meningkatkan standar keselamatan guna menghadirkan perjalanan yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Di sisi lain, konsep Sustainability mencerminkan komitmen nyata KAI dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Melalui penerapan energi ramah lingkungan, peningkatan efisiensi operasional, serta pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan, KAI berkontribusi pada terciptanya transportasi massal yang lebih hijau dan mendukung kesejahteraan generasi mendatang,” jelasnya.

Baca Juga: Pasca Tanah Longsor, PT KAI Jamin Keselamatan Perjalanan Kereta Api

2. Penerapan ramah lingkungan di kantor

KAI Daop 5 Purwokerto juga gencar mendukung pengurangan sampah plastik, Sabtu (28/9/2025).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

seluruh pelanggan, sekaligus berperan aktif dalam mendukung komitmen global dan nasional terkait pembangunan berkelanjutan, atau Sustainable Development Goals (SDGs).

KAI Daop 5 Purwokerto juga aktif mendukung upaya pengurangan sampah plastik dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai di kantor, depo, dan resor di wilayah kerjanya, serta menyediakan dispenser air isi ulang di Stasiun Purwokerto dan Kroya yang dapat digunakan oleh pekerja maupun pelanggan.

"Untuk menghadapi perubahan iklim, kami menerapkan operasi ramah lingkungan (green operation) serta program penanaman sejuta pohon setiap tahun, dengan menanam berbagai jenis tanaman hias, perdu, dan pohon buah di lingkungan kantor maupun stasiun. Selain itu, kami juga telah memasang panel surya di empat stasiun, yaitu Stasiun Purwokerto, Cilacap, Kutoarjo, dan Kroya," jelasnya.

3. Okupansi di purwokerto naik 119 persen

Peningkatan jumlah penumpang kereta api dari Purwokerto meningkat hingga 119 persen, Sabtu (28/9/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Dalam rangka transformasi digital, KAI Daop 5 Purwokerto telah menerapkan sistem boarding menggunakan e-boarding pass dan teknologi pengenalan wajah (face recognition), serta penggunaan aplikasi Access by KAI yang dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung, seperti pemesanan, pembatalan tiket, perubahan jadwal, pemesanan makanan dan minuman, pelacakan kereta (loco track), dan fitur-fitur lainnya.

Untuk tingkat okupansi angkutan penumpang sepanjang Januari hingga 28 September 2024, Daop 5 Purwokerto mencatat sebanyak 2.923.952 penumpang, meningkat 119 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023 yang hanya mencapai 2.453.678 penumpang.

Sementara itu, untuk angkutan barang pada periode Januari hingga 28 September 2023 tercatat sebanyak 1.041.202 ton, sedangkan pada periode yang sama di tahun 2024 tercatat 1.106.593 ton, meningkat 6,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

4. Beri penghargaan safety is me

Salah satu dari beberapa penerima penghargaan safety is me dilingkungan pt kai daop 5 purwokerto, Sabtu (28/9/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Daop 5 Purwokerto memberikan apresiasi atas kerja keras, sinergi, dan kolaborasi seluruh insan KAI Daop 5 yang diwujudkan melalui pemberian penghargaan bertajuk “Safety is Me” Award sebagai bentuk komitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Best Employee yang menunjukkan kinerja terbaik.

Penghargaan yang diberikan meliputi:

  • Kategori "Safety is Me" Award:
    1. Best UPT Stasiun: UPT Stasiun Kelas 2 Bumiayu.
    2. Best UPT Depo: UPT Depo Gerbong Maos.
    3. Best UPT Resor: UPT Resor Jalan Rel 5.5 Purwokerto.
  • Kategori Best Employee:
    1. Pekerja Administrasi Terbaik: Sofiyan Mardiyanto (NIPP 69561), Pelaksana Kerumahtanggaan dan Protokoler.
    2. Pekerja Operasi Terbaik: Andreas Aditya Purbayu (NIPP 66039), Pelaksana Operasi Sarana Purwokerto.
    3. Pekerja Komersial dan Pelayanan Terbaik: Diksi Eling Yahreno (NIPP 69468), Pelaksana Komersialisasi Non Angkutan.
    4. Pekerja Prasarana Terbaik: Ibnu Abdin (NIPP 67673), PPJ UPT Resor Jalan Rel 5.1 Slawi.
    5. Pekerja Sarana Terbaik: Syarif Durakhman (NIPP 68383), Teknisi Sub Unit Los UPT Depo Gerbong Kelas B Maos.
  • Penghargaan Lainnya:
    1. Service Champion Tahun 2024 tingkat Pusat KAI diraih oleh UPT SOT Kutoarjo sebagai Juara ke-3 untuk kategori UPT SOT Terbaik.
    2. Indonesian Contact Center Award (ICCA) Tahun 2024, ajang antar BUMN, diraih oleh Kristaga Adha Ayunan Wibowo (NIPKWT 19983423), Announcer Stasiun Sumpiuh.

Baca Juga: KAI Daop 5 Gelar Pengobatan Gratis di Rail Clinic

Berita Terkini Lainnya