TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Masuk Universal Health Coverage, Berobat ke RSUD Ajibarang Gratis

Mambantu warga kurang mampu

RSUD Ajibarang menerapkan berobat gratis, Sabtu (9/3/2024).(IDN Times/Foto : Saladin Ayyubi)

Banyumas, IDN Times - Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Ajibarang memastikan warga tidak mampu yang berobat tetap dilayani dengan baik tanpa ditarik biaya alias gratis terlebih saat ini Kabupaten Banyumas sudah masuk Universal Health Coverage (UHC).

Manurut Direktur RSUD Ajibarang, dr Nugroho Harbani MSc SpS, masyarakat yang tidak mampu atau tidak memiliki biaya cukup tidak perlu khawatir ketika berobat ke RSUD Ajibarang, apalagi adanya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat ini sangat membantu mereka khususnya warga kurang mampu.

"Jika Kabupaten Banyumas sudah menerapkan JKN. Ini artinya RSUD Ajibarang mendapat dukungan anggaran dari APBD. Jadi, jika ada masyarakat yang sakit dan tak mampu, mereka bisa datang ke RSUD Ajibarang tanpa perlu khawatir,"katanya.

Baca Juga: Dinas ESDM Jateng Pastikan Tambang Emas yang Runtuh di Ajibarang Banyumas Ilegal

1. Keunggulan rumah sakit tipe c

RSUD Ajibarang masih tipe c namun unggul dalam beberapa pelayanan dibanding rumah sakit lain.(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Disini jika ada masyarakat yang sakit dan kurang mampu, mereka bisa datang ke RSUD Ajibarang tanpa perlu rasa khawatir akan kami kenai biaya. Tapi hal ini memerlukan syarat hanya menyelesaikan administrasi yang akan kami proses dalam waktu 2 kali 24 jam,

"Alhamdulillah,saat ini Banyumas sudah menerapkan JKN, sekaligus artinya kami mendapat dukungan anggaran dari APB," jelas dr. Nugroho Harbani.

RSUD Ajibarang ini merupakan rumah sakit tipe C yang unggul dalam pelayanan poliklinik Urologi, Orthopedi, Jantung dan Pembuluh Darah, serta mata. Saat ini RSUD Ajibarang terus mengalami peningkatan jumlah pengunjung.

2. Fasilitas khusus pasien kelas 3

Pasien kelas 3 di RSUD Ajibarang memiliki fasilitas khusus, Sabtu (9/3/2024).(IDN Times/Foto : Saladin Ayyubi)

Selain itu RSUD Ajibarang juga terus melakukan inovasi, meskipun rumah sakit ini berada di lokasi yang berada di pinggir Kabupaten Banyumas.

Rumah sakit ini juga tetap menyediakan pelayanan dan peralatan medis yang tidak kalah dengan rumah sakit di kota.

"Kami tidak melakukan perbedaan dalam pelayanan. Bahkan, untuk pasien kelas 3, kami menambahkan fasilitas khusus yang tidak dimiliki rumah sakit lain seperti sofa di ruang tunggu, tempat tidur multi fungsi yang dilengkapi dengan rak, bel pemanggil perawat, lampu tidur, lampu baca, oksigen sentral, dan ruangan ber-AC,” tambah Noegroho.

Berita Terkini Lainnya