Kadin Tegaskan Bandara Internasional Diperlukan untuk Tarik Investor

Kadin tanggapi perubahan status Bandara Ahmad Yani

Intinya Sih...

  • Kadin menyayangkan penutupan rute internasional di Bandara Ahmad Yani Semarang oleh Kemenhub.
  • Keberadaan bandara internasional penting untuk menarik investor ke Jawa Tengah.
  • Pihak Kadin akan membuat berbagai event dan program untuk mendatangkan investor dan menyiapkan sumber daya manusia.

Semarang, IDN Times -Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menyoroti penutupan rute internasional di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang oleh Kemenhub belum lama ini. Pihak Kadin menekankan pentingnya posisi bandar udara internasional untuk menggaet para investor ke Jawa Tengah

Baca Juga: Warga Jateng Diimbau Lakukan Tindakan Ini Biar Selamat Naik Bus Wisata

1. Bandara internasional bisa datangkan investor

Kadin Tegaskan Bandara Internasional Diperlukan untuk Tarik InvestorPj Gubernur Jateng Nana Sudjana dan Anggota Badan Logistik dan Rantai Pasok Kadin, Esti Arianti Kesuma. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Anggota Badan Logistik dan Rantai Pasok Kadin, Esti Arianti Kesuma mengatakan sebenarnya keberadaan Bandara Ahmad Yani harus dikembalikan lagi menjadi bandara internasional 

"Keberadaan bandara internasional itu penting untuk mendatangkan investor," kata Esti dalam keterangan yang diterima IDN Times, Rabu (15/5/2024). 

Fakta tersebut ia lontarkan tatkala bertemu Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana di ruang kerja kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang. 

2. Kadin janji bikin event di Jateng

Kadin Tegaskan Bandara Internasional Diperlukan untuk Tarik InvestorPj Gubernur Jateng Nana Sudjana bersama Anggota Badan Logistik dan Rantai Pasok Kadin, Esti Arianti Kesuma membahas investasi. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Esti mengatakan, berbagai event yang nanti dirancang dengan Pemprov Jateng diharapkan dapat mendorong pengembalian status Bandara Ahmad Yani menjadi bandara internasional.

Esti juga berkata pihaknya akan membuat banyak event agar bisa menarik para investor menanamkan modalnya di Jawa Tengah. 

3. Kadin lirik sektor perikanan, pelabuhan dan industri

Kadin Tegaskan Bandara Internasional Diperlukan untuk Tarik InvestorPertemuan jajaran Kadin dengan Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Menurutnya Jawa Tengah merupakan wilayah yang kaya destinasi. Mulai sektor perikanan, industri, pelabuhan sampai potensi alam. 

"Ke depan kita akan membuat beberapa agenda untuk mendatangkan investor itu ke Jawa Tengah. Potensi Jawa Tengah sangat luar biasa. Ada potensi alam, perdagangan, industri, pelabuhan, dan perikanan," ujar Esti. 

Selain itu, sejumlah program yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan industri juga akan dirancang bersama. Seperti peningkatan program sekolah vokasi yang menyiapkan sumber daya manusia agar siap saat terjun ke dunia industri.

"Paling penting adalah kami ingin menyiapkan sumber daya manusianya. Agar lebih siap menghadapi perkembangan dan perubahan," jelas Esti.

4. Nana Sudjana prioritaskan pertumbuhan ekonomi

Kadin Tegaskan Bandara Internasional Diperlukan untuk Tarik InvestorAnggota Badan Logistik dan Rantai Pasok Kadin, Esti Arianti Kesuma tertawa disaksikan Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengatakan, pertumbuhan ekonomi memang menjadi salah satu prioritasnya. 

Lebih lanjut, apabila banyak investor yang masuk dapat mendorong penurunan pengangguran. Ketika pengangguran berkurang maka kemiskinan akan ikut turun.

"Banyaknya investor yang masuk menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga pengangguran terbuka berkurang. Kami juga siapkan sumber daya manusia dengan peningkatan sekolah vokasi," katanya.

Baca Juga: Bandara Ahmad Yani Tetap Bisa Layani Penerbangan Umroh Lewat Carteran

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya