Ibu Iriana Ikut Parade Kriya dan Budaya Dekranas di Solo

Parade diikuti sebanyak 38 provinsi

Intinya Sih...

  • Parade Kriya dan Budaya Dekranas 2024 diikuti oleh 38 Provinsi di Indonesia, dimulai pukul 15.00 WIB.
  • Parade akan dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Jokowi dan ibu-ibu para istri menteri yang tergabung dalam OASE Kabinet Indonesia Maju (KIM).
  • Rute parade meliputi jalur pejalan kaki dan mobil hias, dengan penutupan simpang Ngarsopuro kaki Selatan pada tanggal 13 Mei 2024 Pukul 24.00 WIB.

Surakarta, IDN Times - Parade Kriya dan Budaya dalam rangka Perayaan HUT Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) 2024 berlangsung di ruas Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo, Rabu (15/5/2024). Parade yang diikuti oleh 38 Provinsi di Indonesia tersebut digelar mulai pukul 15.00 WIB.

1. Dihadiri oleh Ibu Iriana

Ibu Iriana Ikut Parade Kriya dan Budaya Dekranas di SoloParade Nusantara HUT Dekranasda ke 44 di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Parade tersebut rencannya akan dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko "Jokowi" Widodo, Ibu Wury Ma'aruf Amin, beserta ibu-ibu para istri menteri yang tergabung dalam OASE Kabinet Indonesia Maju (KIM).

OASE KIM merupakan organisasi pemerintah nonprofit yang di inisiasi oleh Ibu Negara, Iriana Jokowi.

Kirab yang menghadirkan beragam mobil hias dengan membawa wastra daerah masing-masing tersebut akan mengambi start dari Taman Sriwedari menuju ke Pameda Mangkunegaran.

Baca Juga: Pemkot Solo Dorong Pendidikan Non Formal bagi Siswa Putus Sekolah

2. Rute kirab di Solo

Ibu Iriana Ikut Parade Kriya dan Budaya Dekranas di SoloParade Nusantara HUT Dekranasda ke 44 di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Berdasarkan pada Manajemen Lalu Lintas dari Dishub Kota Surakarta, Parade Mobil Hias , Kriya Seni dan Budaya HUT Dekranas Tahun 2024 akan melalui rute sebagai berikut.

- Rute Kirab
a. Pejalan Kaki (Stadion Sriwedari - Jl. Bhayangkara - Jl. Slamet Riyadi - Jl. Teuku Umar - Jl. Ronggowarsito - Mangkunegaran

b. Mobil Hias (Purwosari - Jl. Slamet Riyadi - Jl. Jenderal Sudirman (Finish Balikota) - Jl. Urip Sumoharjo - Jl. Brigjen Sudiarto - Jl. Tentara Pelajar -> Pedaringan

- Fasilitas Drop Off di Jalan Salmet Riyadi dan di Jalan Kebangkitan Nasional

- Fasilitas Parkir PT. PN, SKO, dan PT. SHA

- Penutupan Simpang Ngarsopuro kaki Selatan pada Tanggal 13 Mei 2024 Pukul 24.00 WIB

- Pemberlakuan 2 arah pada Jl. Gatot Subroto mulai simpang SIngosaren – Simpang Ngarsopuro (Berlaku selama penutupan jalan)

- Mobil Hias Parkir di Rel Jalan Slamet Riyadi pada tanggal 14 Mei 2024 Pukul 24.00 WIB

- Persiapan Penataan Barisan Mobil Taggal 15 Mei 2024 Pukul 09.00 WIB

- Penutupan Jalan Slamet Riyadi Mulai dari Gendengan – Gladak dan Jalan Jenderal Sudirman (Gladak – Balaikota) pada tanggal 15 Mei 2024 ( Penutupan Simpang Purwosari Bersifat Situasional/Optional ) Pukul 12.00 WIB.

- Pengalihan Rute Bus BST dan Bus AKDP

Warga kota Solo diharapkan menyesuaikan rute terdampak pengalihan arus lalu lintas agar terhindar dari kepadatan lalu lintas.

3. Jadikan Jaladara sebagai panggung utama

Ibu Iriana Ikut Parade Kriya dan Budaya Dekranas di SoloParade Nusantara HUT Dekranasda ke 44 di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Di panggung utama Parade Kirab dan Budaya yang berlokasi di perempatan Ngarsopuro terpajang kereta uap Jaladara yang menjadi ikon Kota Solo. Kereta tersebut menjadi mengangkut gerbong yang panggung utara kirab.

Selama perayaan HUT Dekranas Daop 6 Yogyakarta melakukan rekayasa pola operasi kereta api Batara Kresna pada Selasa-Rabu (14-15/5/2024). Perjalanan KA Batara Kresna pada tanggal 14--15 Mei 2024 hanya berjalan pada relasi Stasiun Solokota-Wonogiri (PP).

Selanjutnya setelah event tersebut selesai, KA Batara Kresna akan berjalan normal Kembali.

"Dengan adanya pola operasi tersebut, Daop 6 Yogyakarta mengimbau kepada pelanggan KA Batara Kresna untuk memeriksa kembali kesesuaian relasi dan jadwal yang diinginkan saat pemesanan tiket," ujar Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro dalam rilis yang diterima IDN Times, Rabu (15/5/2024).

Baca Juga: Para Istri Menteri Gelar Road to Dekranas di Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya