TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kisah Hermanto Dardak, Dari Wamen PUPR Kini Jadi Dewan Penyantun Yayasan Undip

Hermanto Dardak ayah dari Emil Dardak

Menkopolhukam Mahfud MD dan Hermanto Dardak saat resmi dilantik menjadi Dewan Penyantun Yayasan Undip. (Dok Humas USM)

Semarang, IDN Times - Mantan Ketua Umum Persatuan Ikatan Insinyur (PPI) tahun 2018, Ir Achmad Hermanto Dardak terpilih menjadi anggota Dewan Penyantun Yayasan Alumni Undip (YAU). Bersama eks Dirut BNI Sigit Pramono, Hermanto Dardak akan diberi kewenangan untuk menjembatani kepentingan kampus Universitas Semarang (USM) yang berada dibawah naungan YAU. 



Baca Juga: USM Rangkul 212 Peneliti Asing untuk Atasi 4 Masalah Krusial di Jateng

1. Hermanto Dardak dan mantan Dirut BNI kolaborasi jadi Dewan penyantun yayasan Undip

Gedung USM tampak dari depan. Dok. Humas USM

Menurut Rektor USM Dr Supari keberadaan Hermanto Dardak dan Sigit Pramono akan semakin menguatkan formasi Dewan Penyantun YAU. Pasalnya, Hermanto Dardak dan Sigit merupakan dua sosok yang sarat pengalaman. 

"Kami bersyukur dewan penyantun diisi figur-figur yang hebat di bidangnya. Harapan kami, USM makin bisa bersaing sebagai universitas dengan lulusan yang punya kompetensi unggul," katanya dalam keterangan yang diterima IDN Times,  Selasa (2/8/2022). 

2. Hermanto Dardak merupakan mantan Wamen PUPR

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima kunjungan Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal, di Kantor Pusat Kementerian PUPR pada Senin (13/12/2021). (Dok. Kementerian PUPR)

Hermanto Dardak yang notabene ayah kandung Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak merupakan mantan Wakil Menteri PUPR era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Hermanto Dardak terakhir kali menjadi Ketua Umum PII tahun 2018.

Sementara Sigit Pramono adalah mantan Dirut BNI yang menjadi seorang bankir tulen. Memulai karir sebagai pegawai Bank Exim Semarang tahun 1984-1985, karir Sigit menanjak dan terakhir menjadi Ketua Umum Perhimpunan Bank Bank Nasional Indonesia. 

3. Hermanto Dardak juga mendampingi Mahfud MD

Menko Polhukam Mahfud MD (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Ia menjelaskan Hermanto Dardak dan Sigit Pramono saat ini resmi menjadi anggota Dewan Penyantun YAU untuk mendampingi ketua dewan penyantun sekaligus Menkopolhukam, Prof Mahfud MD. 

Keberadaan Hermanto Dardak dan Sigit Pramono menggantikan posisi Prof Sudharto P Hadi dan Drs Kodradi yang kini menjadi ketua dan anggota pembina YAU dan Ir Soeharsojo IPU. 

Kapasitas Hermanto diharapkan bisa memberikan nilai tambah bagi Fakultas Teknik USM. "Sebagai mantan ketua PII tentu  yang bersangkutan bisa memberikan manfaat. Apalagi, akreditasi mandirinya program studi teknik di Indonesia sudah dibawah PII," paparnya. 

Baca Juga: Puluhan Dosen USM Dilatih Penguatan HKI. Ternyata Ini Manfaatnya

Berita Terkini Lainnya