TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rektor Undip Sebut Status PTNBH Berikan Kewenangan Besar Mengelola Kampus

Prof Yos akan pasang badan untuk keutuhan NKRI

instagram.com/undiplife

Semarang, IDN Times - Perubahan status Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) menjadi sebuah evolusi yang besar sebagai kampus berbasis riset. 

Baca Juga: Lulusan Vokasi Undip Diberi Kode Biar Bisa Kerja di KIT Batang, Begini Caranya

1. Status PTNBH berikan wewenang yang besar sekaligus sebuah tantangan

Robot denok kenang diperkenalkan oleh Wali Kota Semarang dan Rektor Undip. Dok Humas Undip

Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama, menuturkan status kampusnya yang kini resmi menjadi PTNBH juga menuntut adanya perubahan pola pikir yang besar bagi seluruh civitas akademika. 

"Adanya status baru ini memberikan kewenangan yang lebih besar dalam mengatur dan mengelola universitas. Namun sekaligus menjadi tantangan dan menuntut tanggungjawab yang besar pula," kata Yos dalam keterangan yang diterima IDN Times, Senin (24) 10/2022).

2. Rektor Undip tegaskan jadi terdepan menjaga NKRI

ilustrasi Indonesia (unsplash.com/Fahmi Anwar)

Ia menjelaskan sikap kampusnya yang terus menentang serta menolak berbagai bentuk radikalisme menjadi daya tarik khususnya bagi para orang tua.

Oleh karena itulah, ia menekankan situasi di dalam kampus Undip selalu kondusif, menjunjung tinggi nilai-nilai moral bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Di sisi lain, katanya dalam kenyataannya bahwa mahasiswanya berasal dari berbagai suku, agama, ras dan golongan. Hal ini merupakan cerminan dari nilai moral berdasarkan Pancasila. 

"Universitas Diponegoro akan berdiri di depan dalam menjaga persatuan bangsa Indonesia, menjaga NKRI, meningkatkan nama besar bangsa Indonesia di dunia internasional. Turut mengakselerasi upaya pemerintah dalam mencapai Indonesia Emas 2045," cetusnya. 

3. PTNBH juga berikan peluang kembangkan program

(Universitas Diponegoro Semarang) psdku.undip.ac.id

Dirinya pun optimistis jika kampusnya yang telah berstatus PTNBH bakal memberi peluang guna mengembangkan program dan kebijakan dalam rangka mencapai universitas riset yang unggul, maju, modern dan sustainable (berkelanjutan). 

"Dalam mengelola Undip melalui kebijakan, selalu berdasarkan kepada nilai-nilai Pangeran Diponegoro yakni jujur, berani, adil dan peduli” terangnya.

Baca Juga: Daftar 8 Guru Besar Dikukuhkan Undip, Rektor: Tak Sekedar Ilmu Tapi Kematangan Jiwa

Berita Terkini Lainnya