TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ribuan Knalpot Brong di Salatiga Dirazia, Kapolres: Biar Ramadan Khusyuk

Polisi giatkan razia knalpot brong

Knalpot brong hasil sitaan Polres Sukoharjo. (IDN Times/Larasati Rey)

Salatiga, IDN Times - Aparat Kepolisian Resort Salatiga merazia 1.270 motor yang dipasangi knalpot brong. Razia yang dilakukan sejak Januari--Maret 2022 itu dimaksudkan agar kebisingan terutama saat menjelang bulan puasa bisa mereda.

1. Bengkel-bengkel ikut dirazia polisi

Knalpot brong yang disita polisi. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kapolres Salatiga, AKBP Indra Mardiana mengungkapkan, pihaknya terus menggencarkan penindakan terhadap kendaraan yang melanggar peraturan lalu lintas. 

Ia menyampaikan razia knalpot brong akan dilakukan dengan menyasar bengkel-bengkel modifikasi dan sejumlah komunitas motor. 

"Saya minta mereka mendukung gerakan tanpa knalpot brong wilayah Salatiga situasinya bisa kondusif," ujar Indra, Selasa (22/3/2022). 

2. Razia knalpot brong untuk mengurangi kebisingan

Razia motor knalpot brong di Jombang. IDN Times/Zainul A

Ia menjelaskan, razia knalpot brong akan digencarkan lagi mengingat mendekati bulan puasa. Menurutnya, kebisingan perlu ditekan supaya umat Islam yang menjalankan ibadah puasa bisa lebih khusyuk. 

"Dengan seringnya merazia, paling tidak umat Islam yang menjalankan ibadah puasa bisa khusyuk. Apalagi suara knalpot brong bisa menganggu dan menimbulkan polusi suara," bebernya. 

Ia mengaku personelnya merazia knalpot brong yang terpasang di motor-motor dan mobil. Pemakaian knalpot brong tidak sesuai SNI dan melanggar aturan berlalu lintas. 

Baca Juga: Brokohan Pedhet, Cara Unik Peternak Salatiga Rayakan Kelahiran Anak Sapi

Berita Terkini Lainnya