TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waspada! Kawasan Pesisir Pantura Jawa Tengah Dilanda Rob Selama 2 Hari

Pekalongan, Semarang, dan Demak menjadi daerah terdampak

Ilustrasi banjir rob. IDN Times/Dhana Kencana

Semarang, IDN Times - Sejumlah masyarakat yang berada di pesisir Pantura Jawa Tengah diminta meningkatkan kewaspadaannya mengenai munculnya gelombang air pasang atau rob selama dua hari ke depan. Ketinggian air rob mulai hari ini, Senin (1/6) sampai 2 Juni 2020 akan meningkat sekitar 1,0-1,1 meter.

Baca Juga: Banjir Rob Terjang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

1. Puncak air rob akan muncul selama enam jam

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Menurut Kasi Observasi Dan Informasi Stasiun Metrologi Maritim Tanjung Emas Semarang, Slamet Wiyono, naiknya gelombang air rob lantaran dipicu curah hujan yang lebat sejak beberapa hari belakangan ini serta naiknya tinggi muka air laut ke daratan yang cukup signifikan.

"Kita ingatkan warga agar mewaspadai dengan potensi rob yang tinggi pada hari ini sampai besok Selasa. Puncak rob akan terjadi nanti siang pukul 14.00 WIB sampai jam 17.00 WIB sore," kata Slamet kepada IDN Times.

2. Sebagian Kota Pekalongan, Semarang, Demak akan dilanda banjir rob

Lokasi banjir di Perumahan Griya Mukti terpantau mengalami penurunan banjir yang signifikan. IDN times/Zulkifli Nurdin

Ia menyebut dari hasil monitoring bersama personel Pushidros TNI AL Semarang, kenaikan air rob diprediksi bisa sampai 166 meter di jalur darat.

"Prakiraan kami besok ketinggian kurang lebih masih akan sama dengan hari ini," ujarnya.

Slamet mengatakan sejumlah daerah bakal terdampak atas peningkatan air rob. Yakni di pesisir Pantura seperti Kota Pekalongan, Kendal Utara, Kota Semarang, Pelabuhan Tanjung Emas, Sayung Demak, dan beberapa wilayah lainnya. Ketinggian rob di daerah tersebut bervariasi sesuai tinggi muka daratan di tiap wilayah.

Baca Juga: Pasang Puluhan Pompa, BBWS Optimis Kaligawe Bakal Bebas Banjir dan Rob

Berita Terkini Lainnya