TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wow! 184 Kades Jepara Dapat Motor N-Max Merah, Alasannya Bisa Dipakai di Gunung

Satu N-Max dibeli seharga Rp31,5 juta

Para kades atau Petinggi desa di Jepara saat menaiki motor Yamaha N-Max hasil pemberian dari Pemkab Jepara. (IDN Times/bt)

Jepara, IDN Times - Sebanyak 184 kepala desa (kades) atau sering disebut Petinggi di Kabupaten Jepara secara resmi memperoleh kendaraan dinas baru, Senin (10/4/2023). 

Informasi yang diperoleh dari Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi), kendaraan dinas yang diberikan bagi Petinggi berupa sepeda motor Yamaha N-Max berwarna merah. 

Baca Juga: 885 Kilometer Jalan di Jepara Remuk, Pj Bupati Janji Perbaiki Sebelum Lebaran 

1. Motor dinas SupraX dianggap sudah tidak layak

Peserta para tokoh masyarakat, Muspika, kades dan luras ketika mengikuti kegiatan tatap muka dan silahturahmi dengan Kapolres PPU AKPB M. Dharma Nugraha (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Ketua Papdesi Jepara Edi Muhtar, saat dikonfirmasi mengatakan, penyerahan motor N-Max bagi para Petinggi di Jepara atas pertimbangan sepeda motor yang sudah terlalu lama terurai. 

Ia menjelaskan bahwa motor SupraX 125 yang dimiliki para Petinggi desa kebanyakan sudah tak layak pakai karena medan jalan yang terjal. 

“Semoga adanya motor baru kerja seluruh Petinggi yang jumlahnya 184 orang semakin lancar, semakin jaya desanya,” akunya. 

 

2. Anggaran pengadaan motor N-Max sekitar Rp5,7 miliar

Yamaha E01 (Yamaha Europe)

Edi berkata alokasi anggaran yang dikucurkan untuk pengadaan motor N-Max bagi Petinggi di Jepara mencapai Rp5,7 miliar. 

Sebuah motor N-Max, katanya dibanderol seharga Rp31,5 juta. Edi mengatakan alokasi anggarannya diperoleh dari APBD Jepara. 

3. N-Max dianggap bisa tembus area terisolir

Yamaha rilis performance damper untuk XMAX (dok. Yamaha)

Lebih jauh lagi, Edi optimis karena kondisi jalanan di Jepara yang berbukit-bukit dan melewati lembah dan pegunungan, maka dengan menggunakan motor N-Max para Petinggi dapat menikmati fasilitas yang layak saat bertugas melayani masyarakat. 

Tak cuma itu saja, dengan memakai motor N-Max setidaknya bisa menjangkau medan yang terjal bahkan menerabas area terisolir. 

“Kendaraan ini bisa untuk perkotaan maupun pegunungan. Bisa semuanya," paparnya. 

Baca Juga: 70 Spesies Pohon Direkonstruksi, Tiga Cagar Alam di Jepara Kian Lebat

Berita Terkini Lainnya