885 Kilometer Jalan di Jepara Remuk, Pj Bupati Janji Perbaiki Sebelum Lebaran 

Sebagian besar jalan bolong-bolong

Jepara, IDN Times - Seluruh jalan raya di Kabupaten Jepara saat ini mengalami kerusakan yang bervariasi. Kerusakan mayoritas tampak dari aspal yang mengelupas dan jalan berlubang yang terjadi hampir di semua akses jalan desa, kecamatan dan jalur alternatif mudik Lebaran. 

1. Cuma 88,9 persen yang akan diperbaiki

885 Kilometer Jalan di Jepara Remuk, Pj Bupati Janji Perbaiki Sebelum Lebaran Ilustrasi jalan rusak (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta mengatakan, total jalan raya di ruas kabupaten yang mengalami kerusakan mencapai 885 kilometer. Kemudian yang membutuhkan perbaikan dan pemeliharaan mencapai 88 persen. 

"Total jalan rusak di wilayah kabupaten kami ada 885 kilometer. Atau ada 340 ruas kabupaten. Dan yang butuh pemeliharaan yang mantap sekitar 88,9 persen," kata Edy kepada IDN Times, (16/3/2023).

Baca Juga: 70 Spesies Pohon Direkonstruksi, Tiga Cagar Alam di Jepara Kian Lebat

2. Perbaikan jalan rusak terhalang hujan

885 Kilometer Jalan di Jepara Remuk, Pj Bupati Janji Perbaiki Sebelum Lebaran Ilustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurutnya, faktor alam memang tak bisa dihindari termasuk ketika hujan deras kerap mengguyur Jepara selama berhari-hari. Ia berkata perbaikan jalan yang berlubang maupun yang mengelupas masih menunggu cuaca mereda terlebih dulu. 

"Yang bisa diperbaiki sekarang hanya 88,9 persen. Lalu yang sisanya 12 persen kondisinya bolong-bolong tapi gak parah banget kita tangani ke depannya. Karena proses perbaikan saat ini sangat terkendala sama hujan yang tidak bisa diprediksi. Untuk jalan wilayah kabupaten, jika lakukan pemeliharaan saat musim hujan ya emang eman materialnya. Maka kita bertahap untuk dikerjakan perbaikan dan pemeliharaan," terangnya. 

3. Jalan provinsi di Jepara cuma ditambal

885 Kilometer Jalan di Jepara Remuk, Pj Bupati Janji Perbaiki Sebelum Lebaran ilustrasi pengaspalan jalan menggunakan aspal lama (unsplash.com/splashgautam)

Sementara untuk kerusakan jalan ruas provinsi, Edy mengaku telah berkomunikasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya (DPUBMCK) Jawa Tengah untuk mendapatkan penanganan secepatnya. 

Hasil koordinasi menyatakan bahwa jalan ruas provinsi yang rusak parah akan ditambal ulang. Untuk lubang jalan yang menganga di sepanjang Jalan Bangsri, Jalan Kalinyamatan serta Jalan Keling, katanya sebagian akan dikerjakan dengan penambalan pada beberapa titik. 

"Saya sudah komunikasikan sama Dinas DPU Jawa Tengah. Nanti yang jalan lintas provinsi akan ditambal. Lubang jalan akan ditambal. Cuman ya masyarakat musti hadus bersabar lah, kalau sudah gak hujan pasti kita genjot perbaikannya," paparnya. 

4. Alokasikan dana Rp14 miliar

885 Kilometer Jalan di Jepara Remuk, Pj Bupati Janji Perbaiki Sebelum Lebaran Ilustrasi jalan rusak (IDN Times/Patiar Manurung)

Untuk aspal yang mengelupas di Jalan Welahan perbatasan dengan Mijen Demak, merupakan jalan nasional yang akan diperbaiki total menggunakan aspal beton (hotmix). 

"Yang Welahan masuk ruas nasional akan dihotmik habis Lebaran. Jadi nanti akan dibongkar semua. Soalnya kalau dikerjakan pas bulan puasa malah bahaya banget. Bisa bikin kemacetan saat arus mudik," paparnya. 

Lebih lanjut, Edy mengestimasikan bahwa perbaikan jalan rusak di semua kecamatan Kabupaten Jepara akan tuntas sebelum H-7 Lebaran 1444 Hijriyah. Pemkab Jepara, katanya telah mengalokasikan anggaran bersumber dari APBD senilai Rp14 miliar guna memperbaiki jalan raya yang rusak. 

"Tentunya perbaikan kita targetkan rampung H-7 Lebaran sehingga perawatan jalan kabupaten bisa beres. Alokasi anggaran yang kita siapkan ada Rp14 miliar," tukasnya.

Baca Juga: Kamera Trap BKSDA Merekam Macan Tutul yang Terkam Ternak Warga Tempur Jepara 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya