TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kudus Bakal Punya 12 Anjungan Dukcapil Mandiri, Bisa Cetak KTP Sendiri

Urus adminitrasi kependudukan secara mudah

Ilustrasi mesin anjungan dukcapil mandiri (IDN Times/istimewa)

Kudus, IDN Times - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kudus bakal menyediakan belasan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) bagi masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan.

Anjungan itu nantinya akan dipasang di setiap kecamatan dan tempat keramaian.

Anjungan dukcapil mandiri ini nantinya bekerja seperti ATM. Dalam waktu singkat, anjungan itu akan bisa mencetak administrasi kependudukan. Seperti e-KTP, KK, KIA, dan akte.

Baca Juga: Tak Lagi Ribet, Warga Bisa Cetak e-KTP di Mesin Anjungan Mirip ATM

1. Sebanyak 12 unit anjungan dukcapil mandiri permudah pelayanan adminitrasi kependudukan

IDN Times/Aji

“Rencananya tahun ini pada anggaran perubahan kami akan menyediakan sebanyak 12 unit anjungan dukcapil mandiri,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kudus Eko Hari Djatmiko saat memberikan sambutan pada rapat koordinasi sensus penduduk di pendapa Kabupaten Kudus pada Kamis (13/2).

Menurutnya, ADM ini nantinya akan mempermudahkan masyarakat untuk mengurus adminitrasi kependudukan. Karena masyarakat bisa langsung mencetak data kependudukan melalui anjungan tersebut. Bahkan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

“Nantinya masyarakat akan mendapatkan seperti password. Itu nanti untuk mencetak seperti e-KTP, KK, KIA, dan akte,” ujar dia.

 

2. ADM akan dipasang di setiap kecamatan dan di tempat keramaian

Blangko e-KTP yang diterima Dispendukcapil Kota Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Eko memaparkan bahwa nantinya di sembilan kecamatan di Kudus akan dipasangi anjungan itu. Selain itu beberapa tempat keramaian seperti alun-alun dan pasar turut akan dipasangi ADM tersebut.

Pihaknya juga telah mengusulkan dianggaran perubahan 2020 ini untuk membeli anjungan. Setidaknya ada dana Rp 2,4 miliar untuk membeli 12 unit anjungan dukcapil mandiri.

 

Baca Juga: Buka Sabtu dan Minggu, Kantor Dukcapil Kudus Dipadati Puluhan Warga

Berita Terkini Lainnya