TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Banjir Aduan Sarang Tawon Vespa di Banyumas, OTT Makin Gencar!

Evakuasi berdasarkan permintaan warga

istimewa

Banyumas, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas mengevakuasi sarang tawon di rumah warga, Minggu malam (8/12). Tindakan ini diambil setelah BPBD menerima aduan warga Desa Jambu RT 3 RW 7, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas.

Baca Juga: Ciri-ciri Tawon Vespa yang Diperkirakan Lebih Banyak di Musim Hujan

1. Warga resah sarang tawon menempel di atap rumah

IDN Times/Aji

Sarang tawon menempel di atap rumah milik Warjoko (77). Warjoko mulai resah sejak mendengar ada korban jiwa karena sengatan tawon. Ia khawatir anggota keluarganya menjadi korban keganasan koloni tawon di rumahnya.

Untuk menghindari sengatan tawon, evakuasi dilakukan malam hari. Petugas BPBD yang bertugas juga mengenakan pakaian safety. BPBD Banyumas menerjunkan tiga orang, antara lain Ali Triyono, Rudi, dan Indra.

"Pertama kami menutup lubang yang menjadi pintu masuk sarang tawon dengan kapas. Selanjutnya kami semprot dengan bensin," kata Ariono, Kepala BPBD Banyumas.

2. Tagana gencarkan OTT tawon vespa affinis

hornissenschutz.de/Hsu,Ching-hung

Operasi Tangkap Tawon (OTT) juga dilakukan di sejumlah tempat dua hari sebelumnya, Jumat (6/12). Taruna Siaga Bencana (Tagana Banyumas) dibanjiri aduan tentang sarang. Pada Jumat lalu, Tagana mengevakuasi tiga sarang tawon sekaligus.
"Evakuasi ini dilaksanakan berdasarkan permintaan warga yang resah dengan adanya sarang tawon," kata Koordinator Tagana Banyumas, Ady Candra.

Baca Juga: Dikejar Tawon Vespa, 4 Bocah di Sukoharjo Disengat Hingga Memar

Berita Terkini Lainnya