2030, Kementerian ESDM Targetkan 13 Juta Kendaraan Listrik Mengaspal 

Grab pesan 12 ribu motor listrik dukung mobilitas hijau

Semarang, IDN Times - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan sebanyak 13 juta kendaraan motor listrik berbasis baterai (KBLBB) akan mengaspal di Indonesia pada tahun 2030. Mendukung Grand Strategi Energi Nasional yang dirancang pemerintah itu Grab Indonesia memesan 12 ribu kendaraan motor listrik kepada Viar Motor Indonesia hingga akhir tahun 2021.

1. Pada 2040 pemerintah targetkan semua penjualan motor berbasis listrik

2030, Kementerian ESDM Targetkan 13 Juta Kendaraan Listrik Mengaspal Para pengemudi Grab menjajal motor listrik yang dipesan Grab Indonesia kepada Viar Motor Indonesia. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Tenaga Ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bidang Kelistrikan, Sripeni Inten Cahyani mengungkapkan, sesuai dengan Grand Strategi Energi Nasional dalam upaya pengurangan konsumsi BBM sebesar enam juta kilo liter (KL) per tahun serta menurunkan emisi Gas Rumah Kaca sebesar 7,23 juta ton CO2e, pemerintah menargetkan akan ada dua juta mobil listrik dan 13 juta unit motor listrik mengaspal pada tahun 2030.

‘’Bahkan, untuk rencana jangka panjang pada 2040 pemerintah menargetkan semua penjualan motor di dalam negeri akan berbasis listrik atau semuanya merupakan motor listrik, tak lagi berbasis BBM. Dan untuk mobil ditargetkan pada 2050 semua mobil yang beredar adalah mobil listrik,’’ ungkapnya pada acara peluncuran sepeda motor berbasis listrik bagi mitra pengemudi GrabBike di Pabrik Viar Motor Indonesia di Kawasan Industri BSB Semarang, Jumat (22/10/2021).

Sehingga, pemerintah mendukung melalui upaya yang dilakukan Grab dan Viar yang turut membangun ekosistem terintegrasi sehingga membantu meningkatkan minat masyarakat terhadap KBLBB.

Baca Juga: Gibran Mau Grab dan OVO Permudah Transaksi Digital UMKM lewat PATRIOT

2. Ke depan mitra GrabBike akan gunakan motor listrik untuk kurangi emisi karbon

2030, Kementerian ESDM Targetkan 13 Juta Kendaraan Listrik Mengaspal Para pengemudi Grab menjajal motor listrik yang dipesan Grab Indonesia kepada Viar Motor Indonesia. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

‘’Melalui Peraturan Menteri ESDM No 13/2020, juga mengatur tentang transisi energi, penggunaan energi lebih bersih, dan efisien hemat devisa serta subsidi tentang penyediaan infrastruktur pengisian listrik KBLBB. Maka, melalui kolaborasi ini tentu sangat membantu pemerintah dalam mencapai target jumlah KBLBB roda dua sebanyak tiga belas juta unit pada tahun 2030,’’ tandasnya.

Pada kesempatan itu Grab Indonesia bekerja sama dengan produsen kendaraan listrik lokal Viar Motor Indonesia melakukan serah terima dan pemesanan lebih dari 6.000 sepeda motor listrik di Kota Semarang. Hal ini merupakan bagian dari inisiatif pelestarian lingkungan hidup dari Grab Indonesia yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon.

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan, seluruh kendaraan listrik yang pihaknya pesan itu nantinya akan digunakan oleh mitra pengemudi GrabBike dan mitra pengantaran Grab di seluruh Indonesia.

 

3. Grab distribusikan 6.020 unit motor listrik hingga akhir tahun 2021

2030, Kementerian ESDM Targetkan 13 Juta Kendaraan Listrik Mengaspal Ki-Ka) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, Presiden Direktur VIAR Indonesia Ignatius Kartiman, Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Ketenagalistrikan Sripeni Inten Cahyani berfoto bersama dalam acara serah terima kendaraan listrik buatan Jawa Tengah untuk mobilitas ramah lingkungan Indonesia di Semarang (22/10/2021). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

“Upaya ini untuk memperluas inisiatif ‘Langkah Hijau’ serta turut membantu pemerintah dalam menggalakkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan berkolaborasi bersama Viar, yang merupakan salah satu produsen kendaraan berbasis listrik lokal. Selain itu, juga sejalan dengan pengembangan ekosistem kendaraan listrik, yang kami percaya akan mengurangi jejak karbon dan bisa berdampak luas bagi lingkungan serta dapat menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat lokal,’’ katanya.

Sebanyak 6.020 kendaraan listrik saat ini siap didistribusikan hingga akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia. Adapun, total armada motor listrik Grab akan menjadi lebih dari 12.000 hingga akhir tahun ini dan terbesar di Indonesia.

Direktur Viar Motor Indonesia, Yucuanto Susetyo menyampaikan, mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019, mengenai percepatan program kendaraan listrik pihaknya selaku industri otomotif yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah telah berkomitmen untuk mendukung program pemerintah tersebut.

4. Kendaraan listrik menjadi keharusan demi perkembangan peradaban

2030, Kementerian ESDM Targetkan 13 Juta Kendaraan Listrik Mengaspal Pengemudi Grab menjajal motor listrik yang dipesan Grab Indonesia kepada Viar Motor Indonesia. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

‘’Kami telah melakukan research dan development dengan menghasilkan produk-produk kendaraan listrik yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dalam negeri. Saat ini Viar telah memproduksi beragam tipe kendaraan konvensional maupun kendaraan listrik yang telah memenuhi persyaratan dan ketentuan legal,’’ tuturnya.

Sementara, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang turut hadir dalam acara serah terima kendaraan listrik tersebut menyampaikan, terima kasih kepada Grab bersama Viar yang telah berani mengambil keputusan penting dan mengambil tindakan untuk merawat lingkungan yang bukan hanya diperuntukkan bagi kita saat ini, tapi juga demi menjaga anak cucu nanti.

‘’Ini merupakan usaha mencari jalan keluar yang terbaik, karena saat ini kendaraan listrik sudah merupakan sebuah keharusan dan kita tinggal mengikuti perkembangan peradaban. Tentu ini adalah titik cerah yang sedang kita lakukan, mudah-mudahan sukses untuk semuanya,’’ katanya.

Baca Juga: Listrik 2.661 MW Disediakan untuk Faskes dan Pabrik Oksigen di Jateng

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya