4 Lokasi Tanggul Jebol Saat Banjir di Grobogan, Kondisi Cukup Parah

Rumah dan area persawahan turut terendam

Grobogan, IDN Times - Sejumlah tanggul jebol menyebabkan banjir di Kabupaten Grobogan. BPBD Kabupaten Grobogan mencatat tanggul jebol tersebut tersebar di empat titik daerah.

1. Terdapat di Sungai Tuntang dan Jragung

4 Lokasi Tanggul Jebol Saat Banjir di Grobogan, Kondisi Cukup ParahWarga melintasi jalan yang tergenang di Desa Gubug, Gubug, Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (6/2/2024). Banjir akibat hujan deras serta jebolnya beberapa tanggul sungai Tuntang itu menyebabkan jalan penghubung Purwodadi-Semarang itu lumpuh dan arus lalu-lintas dialihkan serta ribuan rumah terendam di 11 kecamatan. (ANTARA/Yusuf Nugroho)

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Grobogan, Masrikan mengatakan, di sekitar Sungai Tuntang terdapat tiga titik tanggul jebol mulai dari Desa Kemiri (Kecamatan Gubug), kemudian di Bendungan Glapan serta di dekat Jembatan Tuntang. Sedangkan, satu titik di Sungai Cabean.

‘’Akibat kejadian banjir ini, rumah dan areal persawahan milik warga terendam. Sebenarnya tanggul yang jebol banyak tapi kondisinya yang cukup parah di empat titik,’’ ungkapnya melansir Antara, Selasa (6/2/2024).

Selain di empat titik tanggul jebol, tercatat ada tanggul jebol di Sungai Jragung yang berada di wilayah Kabupaten Demak, namun yang terdampak banjir warga Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan.

Baca Juga: Banjir Grobogan, Desa Kemiri Paling Parah Terdampak, Warga Ngungsi

2. Masih mendata tanggul jebol

4 Lokasi Tanggul Jebol Saat Banjir di Grobogan, Kondisi Cukup ParahFoto udara kondisi jalur utama jalan Semarang-Purwodadi tergenang banjir di Kecamatan Gubug, Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (6/2/2024). (Antara/Aji Styawan)

Hingga kini, kata Masrikan, masih tahap pendataan untuk mengetahui ada tidaknya tanggul jebol lainnya. Termasuk jumlah desa terdampak banjir, baik pemukiman maupun areal pertanian.

Sementara, Camat Gubug, Bambang Suprihadi menambahkan, di wilayahnya terdapat warga yang terpaksa mengungsi akibat banjir yang disebabkan adanya tanggul jebol.

Di antaranya, di Desa Kemiri, Kecamatan Gubug yang paling parah, sehingga beberapa warganya diungsikan di lantai dua masjid setempat.

3. Akses jalan ke Grobogan terganggu

4 Lokasi Tanggul Jebol Saat Banjir di Grobogan, Kondisi Cukup ParahPengendara mendorong motornya yang mogok seusai menerjang banjir yang menggenangi jalur utama jalan Semarang-Purwodadi di Kecamatan Gubug Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (6/2/2024). Banjir karena intensitas hujan deras pada Senin (5/2/2024) sore hingga Selasa (6/2/2024) dini hari tersebut menyebabkan meluapnya Sungai Tuntang serta jebolnya beberapa tanggul sungai sehingga jalur utama jalan Semarang-Purwodadi lumpuh, sementara itu TNI-POLRI bersama BPBD dibantu relawan mengalihkan arus lalu lintas ke sejumlah titik jalan alternatif. ANTARA/Aji Styawan)

Menurut dia, dari tiga titik tanggul jebol di Kecamatan Gubug, ada yang jebol pada Senin (5/2/2024) malam dan dini hari. Adapun, hingga kini belum ada data pasti berapa jumlah desa terdampak dari 21 desa di Kecamatan Gubug. Saat ini masih menunggu laporan dari masing-masing kepala desa.

"Data sementara ada belasan desa, namun masih menunggu laporan dari kepala desa masing-masing desa terdampak. Termasuk pemukiman dan areal persawahan yang juga terdampak," tandasnya.

Sementara, banjir di Kabupaten Grobogan mengakibatkan akses jalan terganggu. Di antaranya Jalan Raya Purwodadi-Gubug, Semarang-Grobogan, Grobogan-Salatiga, dan Karangrayung-Jowangi.

Baca Juga: Banjir Sudah Merendam 2.662 Rumah Warga Grobogan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya