5 Tips Mudik Aman dan Nyaman Saat Lebaran 2024, Wajib Tahu!  

Jaga kondisi tubuh dan hati-hati di jalan ya

Intinya Sih...

  • Mudik Lebaran 2024 diprediksi mencapai 193,6 juta orang, setara dengan 71,7% populasi Indonesia
  • Pemeriksaan kendaraan penting untuk keamanan perjalanan mudik, serta persiapkan pembayaran digital dan uang tunai cadangan
  • Bawa kotak P3K dan persediaan makanan/minuman tahan lama untuk menjaga kesehatan fisik selama perjalanan mudik

Mudik atau pulang ke kampung halaman sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia saat Hari Idulfitri. Kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga, tapi juga untuk rehat sejenak dari rutinitas dan kesibukan sehari-hari.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) pun mengungkapkan bahwa jumlah pemudik Lebaran di tahun 2024 diprediksi menjadi yang terbesar sepanjang sejarah. Sebanyak 193,6 juta orang diprediksi akan mudik tahun ini, nilai tersebut setara dengan 71,7 persen dari jumlah rakyat Indonesia.

Dengan demikian, bagi pemudik perlu hati-hati agar selamat sampai tujuan. Sehingga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama melaksanakan mudik. Maka, berikut 5 tips agar mudik aman dan nyaman saat Lebaran 2024.

1. Pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima

5 Tips Mudik Aman dan Nyaman Saat Lebaran 2024, Wajib Tahu!  ilustrasi pria berkendara (pexels.com/Kei Scampa)

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen penting seperti oli mesin, tekanan ban, air radiator, dan sistem rem.

Hal ini penting untuk meminimalkan risiko kecelakaan di jalan selama perjalanan mudik. Selain itu, jangan lupa untuk membawa buku servis dan dokumen kendaraan yang lengkap sebagai persyaratan standar berlalu lintas.

Baca Juga: 10 Lokasi Pondok Rehat Mudik 2024 di Jawa Tengah untuk Pemudik

2. Siapkan uang tunai dan saldo kartu uang elektronik

5 Tips Mudik Aman dan Nyaman Saat Lebaran 2024, Wajib Tahu!  ilustrasi uang (unsplash.com/Mufid Majnun)

Pembayaran digital semakin menjadi andalan masyarakat saat melakukan transaksi. Di sisi lain, ada baiknya tetap menyiapkan uang tunai cadangan dan memastikan saldo kartu uang elektronik tetap terisi untuk beberapa tempat selama perjalanan mudik.

3. Titipkan hewan peliharaan pada orang terdekat

5 Tips Mudik Aman dan Nyaman Saat Lebaran 2024, Wajib Tahu!  ilustrasi anak kucing bermain (pexels.com/Pixabay)

Bagi keluarga yang memiliki hewan peliharaan, maka ada baiknya melakukan persiapan apabila hewan peliharaan tersebut tidak dibawa pulang mudik. Misalnya, titipkan hewan peliharaan di jasa penitipan hewan peliharaan di klinik atau pet shop terpercaya. Pilihan lainnya, yaitu menitipkan ke orang terdekat untuk menjaga hewan peliharaan. Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan, camilan kesukaan hewan peliharaan, dan produk perawatan kepada orang yang akan merawat hewan peliharaan selama mudik.

4. Siapkan perlengkapan untuk kejadian yang tidak terduga

5 Tips Mudik Aman dan Nyaman Saat Lebaran 2024, Wajib Tahu!  ilustrasi kotak P3K (unsplash.com/Ploegerson)

Perjalanan mudik, baik yang dilakukan di darat maupun udara, membutuhkan kondisi fisik yang prima bagi pemudik. Bahkan, kondisi kendaraan prima juga sangat dibutuhkan bagi pemudik jalur darat. Untuk menjaga kesehatan fisik pemudik, dianjurkan membawa kotak P3K berisi obat anti mabuk, obat diare, obat demam, serta antiseptik pembersih luka dan perban.

5. Siapkan keperluan perbekalan makanan dan minuman serta alat ibadah

5 Tips Mudik Aman dan Nyaman Saat Lebaran 2024, Wajib Tahu!  ilustrasi perempuan mengenakan mukena (pexels.com/Thirdman)

Untuk mengantisipasi perjalanan mudik yang panjang, siapkan makanan dan minuman secukupnya bagi sekeluarga. Bawalah makanan dan minuman yang tahan lama dan mudah dibawa, seperti roti, biskuit, buah-buahan dan air minum.

Selain itu, agar ibadah sholat bisa tepat dilakukan dengan optimal selama perjalanan mudik, pastikan pula membawa alat ibadah yang mudah untuk disimpan dalam mobil atau tas.

Baca Juga: 8 Tips Mudik Aman dengan Sepeda Motor, Harus Hati-hati!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya