7 Potret Banjir Demak, Rendam Makam Sunan Kalijaga dan Akses Putus

Ketinggian air banjir sekitar 30–80 cm  

Demak, IDN Times - Banjir merendam Kabupaten Demak sejak Rabu (13/3/2024) karena cuaca ekstrem. Hujan dengan intensitas tinggi disusul tanggul Sungai Wulan yang jebol membuat Kota Wali ini tenggelam.

Sejumlah akses jalan putus dan aktivitas ekonomi lumpuh karena banjir menerjang 89 desa di 11 kecamatan dengan ketinggian air rata-rata 30–80 centimeter. Lalu, bagaimana kondisi Kabupaten Demak, Selasa (19/3/2024), berikut tujuh potretnya.

1. Kawasan Alun-Alun Demak tergenang banjir dan tampak tidak ada aktivitas di sekitarnya

7 Potret Banjir Demak, Rendam Makam Sunan Kalijaga dan Akses PutusFoto udara kondisi banjir yang merendam kawasan Alun-alun Demak di depan Masjid Agung Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa (19/3/2024). Bencana banjir karena curah hujan tinggi beberapa hari sejak Rabu (13/3) dari hulu ke hilir yang dipengaruhi bibit siklon tropis itu mengakibatkan sejumlah tanggul sungai jebol dan melimpas sehingga menyebabkan beberapa ruas jalan protokol di pusat kota terendam banjir dengan ketinggian sekitar 30-60 cm yang menghambat aktivitas serta mobilitas warga dan sejumlah pertokoan terpaksa tutup. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

2. Banjir merendam beberapa ruas jalan protokol di pusat kota Kabupaten Demak dan ini mengganggu aktivitas ekonomi serta mobilitas warga

7 Potret Banjir Demak, Rendam Makam Sunan Kalijaga dan Akses PutusWarga melewati banjir di Jalan Sultan Fatah, Demak, Jawa Tengah, Selasa (19/3/2024). Bencana banjir karena curah hujan tinggi beberapa hari sejak Rabu (13/3) dari hulu ke hilir yang dipengaruhi bibit siklon tropis itu mengakibatkan sejumlah tanggul sungai jebol dan melimpas sehingga menyebabkan beberapa ruas jalan protokol di pusat kota terendam banjir dengan ketinggian sekitar 30-60 cm yang menghambat aktivitas serta mobilitas warga dan sejumlah pertokoan terpaksa tutup. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

3. Warga pun berusaha untuk mengurangi debit air banjir yang masuk di perkantoran di Kabupaten Demak

7 Potret Banjir Demak, Rendam Makam Sunan Kalijaga dan Akses PutusPetugas mengoperasikan pompa air untuk mengurangi debit air yang masuk ke halaman Kantor Pajak Demak di pusat kota Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa (19/3/2024). Bencana banjir karena curah hujan tinggi beberapa hari sejak Rabu (13/3) dari hulu ke hilir yang dipengaruhi bibit siklon tropis itu mengakibatkan sejumlah tanggul sungai jebol dan melimpas sehingga menyebabkan beberapa ruas jalan protokol di pusat kota terendam banjir dengan ketinggian sekitar 30-60 cm yang menghambat aktivitas serta mobilitas warga dan sejumlah pertokoan terpaksa tutup. (ANTARA/Aji Styawan)

Baca Juga: 6 Tanggul di Demak Jebol, 93.149 Warga Terdampak Banjir

4. Hampir seluruh kawasan di Kabupaten Demak tergenang banjir dan hingga kini ada 93.149 warga terdampak

7 Potret Banjir Demak, Rendam Makam Sunan Kalijaga dan Akses PutusFoto udara kondisi jalur utama pantura Demak-Kudus yang terendam banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (18/3/2024). Menurut data yang dihimpun BPBD Kabupaten Demak dari Rabu (13/3) hingga Senin (18/3) banjir yang kembali melanda Kabupaten Demak itu karena curah hujan tinggi yang menyebabkan sejumlah tanggul sungai jebol sehingga mengakibatkan ribuan rumah terendam banjir di 89 desa dari 11 kecamatan, 24.946 jiwa mengungsi, serta terputusnya jalur utama pantura Demak-Kudus. (ANTARA/Aji Styawan)

5. Banjir di Kabupaten Demak juga merendam kawasan Cagar Budaya Situs Kompleks Makam Sunan Kalijaga

7 Potret Banjir Demak, Rendam Makam Sunan Kalijaga dan Akses PutusSeorang pengurus makam menunjukkan situs Selo Palenggahanipun Kanjeng Sunan Kalijaga yang terndam banjir di kawasan Cagar Budaya Situs Kompleks Makam Sunan Kalijaga di Demak, Jawa Tengah, Selasa, (19/3/2024). Banjir yang melanda Kabupaten Demak selain merendam ribuan rumah warga dan telah masuk ke pusat kota, juga merendam kawasan cagar budaya tersebut dengan ketinggian air 20-40 cm dan menurut pengurus makam belum pernah terjadi pada banjir sebelumnya. (ANTARA/Aji Styawan)

6. Area makam di luar makam utama Sunan Kalijaga di Kadilangu, Demak juga tak luput dari terjangan banjir

7 Potret Banjir Demak, Rendam Makam Sunan Kalijaga dan Akses PutusKondisi banjir yang merendam sejumlah makam di luar cungkup makam utama Sunan Kalijaga di kawasan Cagar Budaya Situs Kompleks Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu, Demak, Jawa Tengah, Selasa, (19/3/2024). Banjir yang melanda Kabupaten Demak selain merendam ribuan rumah warga dan telah masuk ke pusat kota, juga merendam kawasan cagar budaya tersebut dengan ketinggian air 20-40 cm dan menurut pengurus makam belum pernah terjadi pada banjir sebelumnya. (ANTARA/Aji Styawan)

7. Aktivitas ekonomi di kios pedagang cenderamata di sekitar makam Sunan Kalijaga tutup dan lumpuh karena tergenang banjir

7 Potret Banjir Demak, Rendam Makam Sunan Kalijaga dan Akses PutusSuasana lokasi kios yang menjual cendera mata Wali Songo (Sembilan Wali) yang telah ditutup pemiliknya karena banjir yang merendam kawasan Cagar Budaya Situs Kompleks Makam Sunan Kalijaga di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa, (19/3/2024). (Antara/Aji Styawan)

Baca Juga: Bak Lautan! Sawah Desa Bolo Demak Seluas 158,19 Hektare Terendam Banjir

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya