Aksi Bersih Pantai Semarang, 337 Pegawai PLN Kumpulkan 1 Ton Sampah

PLN Group Jateng Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Semarang, IDN Times - Para pekerja PLN Group Wilayah Jawa Tengah melakukan aksi bersih pantai di Pantai Mangunharjo Semarang, Rabu (5/6/2024). Kegiatan ini bagian dari program Green Employee Involvement dalam rangka memeringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. 

1. Libatkan 337 pegawai PLN Group

Aksi Bersih Pantai Semarang, 337 Pegawai PLN Kumpulkan 1 Ton SampahRatusan pegawai PLN Group Wilayah Jawa Tengah melakukan aksi bersih pantai di Pantai Mangunharjo Semarang, Rabu (5/6/2024). (dok. PLN)

Kegiatan itu juga implementasi prinsip Environmental, Social and Governance (ESG). Melalui program ini PLN berkomitmen mewujudkan langkah nyata dengan terjun langsung di masyarakat dalam aksi bersih pantai. Selain itu, sekaligus menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Aksi Bersih Pantai melibatkan 337 orang dari berbagai unsur meliputi pegawai PLN UID Jawa Tengah dan DIY, PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Semarang, Haleyora Power Area Semarang, pengelola pantai, warga Kelurahan Mangunharjo dan Mangkang Kulon, dan komunitas atau masyarakat.

Kegiatan dilakukan dengan cara memungut sampah yang ditemukan di sekitar sungai dan di sepanjang jalan akses masuk pantai. Lokasi terbagi dalam dua area, yaitu di hutan mangrove di sebelah utara Area Tempat Pelelangan Ikan (TPI), dan area jalan akses Pantai di sebelah Selatan TPI.

Kegiatan berfokus pada pemungutan sampah di area Pantai. Sampah dipungut secara terpilah menjadi 3 jenis, yaitu sampah organik, anorganik, dan residu dengan menggunakan 3 warna karung bagor yang berbeda.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Sunset dan Pantai Selalu jadi Lambang Romantisme

2. Tingkatkan kapasitas tata kelola pantai

Aksi Bersih Pantai Semarang, 337 Pegawai PLN Kumpulkan 1 Ton SampahRatusan pegawai PLN Group Wilayah Jawa Tengah melakukan aksi bersih pantai di Pantai Mangunharjo Semarang, Rabu (5/6/2024). (dok. PLN)

Selanjutnya, sampah organik dan anorganik yang terkumpul akan dikelola oleh Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) setempat, dan hanya sampah residu yang akan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang. Melalui edukasi pemilahan sampah ini, Aksi Bersih Pantai diharapkan tidak hanya membuat pantai bersih dari sampah, tetapi juga dapat menumbuhkan kepedulian dan meningkatkan kapasitas tata kelola pantai oleh warga sekitar.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi mengatakan, program PLN Green Employee Involvement merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial (TJSL) PLN di bidang lingkungan. Green Employee Involvement ini adalah wadah yang diinisiasi untuk meningkatkan jiwa kepedulian pegawai PLN agar terlibat secara aktif sebagai relawan dalam program peduli lingkungan

“Alhamdulilah, dari kegiatan ini kami telah membersihkan Pantai Mangunharjo. Selama dua jam pembersihan, partisipan mengumpulkan total 937,4 kg sampah di sekitar kawasan pantai yang terdiri dari 479 kg sampah residu, 335,4 kg sampah organik dan 105 sampah non organik,’’ katanya dalam keterangan resmi, Kamis (6/6/2024).

Selain memeringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kegiatan ini juga diselenggarakan menjelang momentum liburan Idul Adha. Hal ini mengingat Pantai Mangunharjo merupakan obyek wisata pantai yang cukup digemari warga Kota Semarang.

3. Sarana membuka wawasan masyarakat

Aksi Bersih Pantai Semarang, 337 Pegawai PLN Kumpulkan 1 Ton SampahRatusan pegawai PLN Group Wilayah Jawa Tengah melakukan aksi bersih pantai di Pantai Mangunharjo Semarang, Rabu (5/6/2024). (dok. PLN)

‘’Sehingga, langkah ini diharapkan dapat menginspirasi warga sekitar dan pengunjung untuk lebih sadar kebersihan terutama wilayah pantai yang rawan tercemar sampah mikroplastik,’’ ujarnya.

Ahli Pertama Pengendali Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jawa Tengah yang mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jawa Tengah, Nurhadi menyampaikan, aksi bersih pantai melalui program TJSL ini merupakan bukti konkrit bahwa PLN termasuk perusahaan yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar

“Kami sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada PLN atas kegiatan ini. Semoga kegiatan ini berkesinambungan dan dapat menjadi contoh sekaligus motivasi bagi perusahaan lain. Yang tidak kalah penting, semoga ini dapat menjadi sarana untuk membuka wawasan masyarakat dalam hal pengelolaan sampah dan menjaga keberlangsungan maupun keberlanjutan pada ekosistem pantai.” katanya.

Baca Juga: Kali Semarang Penuh Sampah, Pemkot Akan Berlakukan Denda Rp50 Ribu 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya